Kaczynski dan Istri Disemayamkan di Katedral Wawel

Dibawa Lewat Darat dari Warsawa ke Krakow

Senin, 19 April 2010 – 10:26 WIB
PEMAKAMAN - Seorang pria memegang foto besar mendiang Lech Kaczynski saat khalayak berkumpul di pelataran pasar Krakow dalam rangka pemakaman presiden dan istrinya itu. Foto: Pawel Supernak/AFP/Getty Images.
KRAKOW - Pasangan mendiang Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya, Maria Kaczynska, akhirnya disemayamkan di pemakaman Katedral Wawel, Minggu (18/4) kemarin pukul 14.00 waktu setempat (19.00 WIB)Mengingat masih buruknya kondisi langit Eropa akibat letupan gunung vulkanik Eyjafjallajokull di Islandia, jalan darat pun dipilih untk mengantarkan jasad pasangan Kaczynski ke Krakow dari ibukota Warsawa.

"(Jasad Presiden Kaczynski dan istri) dibawa melalui jalan darat secara perlahan

BACA JUGA: Pasukan Kaus Merah Siap Menyerah

Itu merupakan simbolisme kedatangan Kaczynski di kota kelahirannya untuk terakhir kali," tutur Jacek Sasin selaku juru bicara istana kepresidenan, kepada Associated Press, Minggu (18/04).

Mendiang Kaczynski bersama sang istri dikuburkan bersama-sama dalam satu peti sarkofagus yang dibuat dari alabaster Turki, di sebuah ruang bawah tanah katedral di samping pemimpin kemerdekaan Jozef Pilsudski
Warga sipil baru diperbolehkan melayat setelah upacara pemakaman selesai

BACA JUGA: Pemimpin Kaus Merah Siap Menyerah

Sebelumnya, warga Polandia telah berkumpul di alun-alun Krakow untuk melihat prosesi misa dan pemakaman dari layar raksasa.

Keputusan untuk mengubur Kaczynski di Wawel sempat memicu protes beberapa hari lalu
Sebagian warga yang tak setuju mengatakan meskipun Kaczynski merupakan Presiden dan tewas dalam tragedi nasional, dia tak pantas disejajarkan dengan raja, pahlawan nasional, ataupun sastrawan ternama yang dimakamkan di Wawel.

"(Pemakaman) ini adalah saat yang luar biasa

BACA JUGA: 600 Ribu Produk Toyota di AS Ditarik Lagi

(Warga) Polandia harus ada di sini," kata Maria Kurowska, walikota kota Jaslo, yang berada di kerumunanKota-nya juga terlibat dalam prosesi pemakaman ini.

Sementara itu, beberapa petinggi negara terpaksa membatalkan kunjungannya ke Polandia karena letupan gunung vulkanik di IslandiaDi antaranya termasuk Presiden Barrack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Pangeran Charles dan Perdana Menteri Korea Selatan Chung Un-Chan.

Meski demikian, Presiden Rusia Dmitry Medvedev terlihat hadir di antara para petinggi yang ada kala ituSelain itu, turut hadir beberapa petinggi negara yang dekat dengan Polandia, termasuk Republik Ceko, Estonia, Hungaria, Lithuania, Romania, Slovakia dan Slovenia, yang tiba di Krakow melalui perjalanan darat.

Di tempat lain, meskipun kondisi langit Eropa masih dipenuhi asap dari letupan gunung Eyjafjallajokull di Islandia, beberapa maskapai penerbangan Eropa telah melakukan uji coba penerbangan tanpa penumpangDi antaranya adalah KLM dari Belanda dan Lufthansa dari JermanPemimpin eksekutif KLM Peter Hartman menginformasikan kepada BBC bahwa tak ada masalah dalam penerbangan kala itu.

Bagaimanapun, penundaan ratusan penerbangan di langit Eropa membawa dampak negatif bagi beberapa pihakReuters melansir setiap harinya setiap maskapai kehilangan USD 200 juta (Rp 1,8 triliun) akibat gagalnya ratusan penerbanganKerugian itu juga menimpa sektor pariwisataJuga membuat beberapa pertemuan internasional dibatalkanSebaliknya, keuntungan didapatkan oleh sektor jasa telekonferens, pengapalan, kereta api dan operator transportasi darat(war)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Osama Rekrut Pengikut dengan Facebook


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler