Kader Demokrat Bakal Kawal Suara Pemilu di DKI Jakarta

Minggu, 11 Februari 2024 – 13:44 WIB
Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Jakarta. Foto: dokumentasi DPD Demokrat Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Jakarta meminta kadernya untuk mengawasi dan mengawal proses pemungutan suara Pileg 2024 hingga tuntas.

Pengawasan dan pengawalan proses pencoblosan kertas suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), penting dilakukan untuk meminimalisir kecurangan.

BACA JUGA: Caleg Demokrat Ini Mendukung Ganjar di Pilpres dan Siap Diberi Sanksi Partai

"Pesta demokrasi harus dikawal dan dijaga. Pemilu 2024 menentukan nasib bangsa ini lima tahun mendatang," ujar Sekretaris Bappilu Demokrat Jakarta Firmansyah dalam keterangannya, Sabtu (11/2).

Menurut pria yang akrab disapa Bang Firman itu, pesta demokrasi lima tahunan harus dijaga dengan baik agar berlangsung jujur dan adil (Jurdil).

BACA JUGA: Demokat Rombak Pimpinan Komisi X dan Banggar DPR

Dari hasil penelusuran serta analisa yang dilakukan

Tim Bappilu di seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta, Bappilu Demokrat Jakarta mengaku telah mengidentifikasi adanya indikasi beberapa potensi kecurangan yang harus diantisipasi oleh seluruh kader Demokrat.

"Itu memang sedang kami awasi secara saksama. Sebab, selama masa kampanye di dapil sudah terindikasi beberapa kemungkinan kecurangan saat caleg melakukan kampanye,” tuturnya.

Indikasi kecurangan itu di antaranya dugaan caleg yang membagi-bagikan uang, sembako, menyebar hoaks, dan isu yang menjurus pada upaya memecah belah masyarakat.

Untuk itu, Bappilu Demokrat Jakarta sangat intens berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.

"Tujuannya agar dalam beberapa hari kedepan bisa bersama-sama mengawal jalannya pelaksanaan Pemilu 2024 yang jujur dan adil," kata dia.

Terkait dengan pengawasan yang dilakukan Bawaslu selama masa kampanye tiga bulan terakhir, Demokrat Jakarta mengapresiasi kinerja wasit pemilu tersebut.

"Bappilu Partai Demokrat DKI Jakarta sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu DKI dalam menjalankan tugasnya mulai dari pencegahan, pengawasan bahkan penindakan yang sudah dilakukan selama ini,“ tambahnya.

Sementara itu, Ketua Demokrat Jakarta Mujiyono mengaku optimistis bisa mencapai target pemenangan Pemilu 2024.

Terlebih, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu menyaksikan kader Demokrat Jakarta memenuhi Gelora Bung Karno (GBK) dalam mengikuti kampanye akbar Prabowo-Gibran, pada Sabtu siang kemarin.

"Atas nama DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, dengan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kader dan sukarelawan yang hari ini ikut menyukseskan kampanye Prabowo Gibran di GBK,” ucap Mujiyono.

Menurut Mujiyono, kekompakan kader Demokrat Jakarta dalam menyukseskan Pemilu 2024, baik pilpres maupun pileg menjadi cermin kemenangan bersama 2024 akan segera terwujud.

Pihaknya berharap seluruh kader terutama saksi yang telah ditugaskan agar bekerja sebaik mungkin untuk mengawasi dan mengawal suara Partai Demokrat di Jakarta.

"Alhamdulillah, Jakarta membiru. Biru Demokrat Jakarta yang begitu indah. Semoga keindahan ini menjadi suara yang tinggi bagi Partai Demokrat,” tambah anggota DPRD DKI ini. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Demokrat   Pemilu   suara   pileg   Bawaslu  

Terpopuler