Kades Oba Percaya Diri Kembangkan Wisata Pantai setelah Ikut Pelatihan P3PD

Senin, 21 Oktober 2024 – 10:36 WIB
Pantai sebagai salah satu lokasi pariwisata. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Desa Oba Sabtu Kene terang-terangan mengaku makin percaya diri untuk mengembangkan kawasan pantai di desanya sebagai lokasi pariwisata, setelah ikut pelatihan P3PD (Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa).

Desa Oba, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, memang memiliki kawasan pantai yang indah.

BACA JUGA: Kades Sambirejo Menerapkan Ilmu Pelatihan P3PD, Hasilnya Memuaskan

“Setelah ikut pelatihan P3PD makin kepikiran untuk mengembangkan wisata pantai,” kata Kades Oba, Sabtu Kene, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, Desa Oba baru saja mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Nasional Desa Teladan PKAD (Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa) Regional IV yang digelar Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri.

BACA JUGA: P3PD Memangkas Waktu Pelatihan Aparatur Desa Hingga Puluhan Tahun

Kades Oba, Sabtu Kene, mengungkapkan bahwa dirinya mengembangkan kawasan wisata Pantai Muara Oba pada Maret 2024.

Pantai Muara Oba memiliki pemandangan ke arah Pulau Tidore dan Ternate.

BACA JUGA: Bagian P3PD, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Melatih 172.488 Aparatur Desa

Sabtu Oba mengatakan, salah satu masukan yang dia dapatkan dari pelatihan P3PD ialah mengenai pentingnya keberanian berinovasi dan mengembangkan potensi pariwisata di desa.

“Inovasi itu penting. Aparatur desa sudah mulai memahami (setelah ikut pelatihan P3PD, red),” ungkapnya.

Nah, Sabtu Oba lantas menambah sarana wisata hiburan yang sebelumnya tidak pernah ada di Pantai Muara Oba.

Saat ini di Lokasi wisata pantai itu sudah dilengkapi banana boat dan kafetaria.

Hasilnya, kawasan wisata pantai Desa Oba semakin ramai. Pendapatan masyarakat sekitar juga bertambah karena ada tambahan wisata kuliner di pantai tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pelatihan P3PD juga membuat aparatur Desa Oba merasa semakin memiliki dan menjiwai tugas-tugasnya sebagai aparatur pemerintahan.

Dia mengakui, pelatihan P3PD sangat bermanfaat karena aparatur desa tahu tentang cara mengembangkan wilayah dan meningkatkan kapasitas diri sebagai aparat desa.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) La Ode Ahmad P. Bolombo sudah berpesan kepada aparatur desa yang ikut pelatihan P3PD agar menerapkan ilmunya di lapangan.

La Ode berharap, melalui pelatihan P3PD peserta terus mempelajari dan menyerap materi pelatihan, baik dalam konteks tematik maupun pengembangan kompetensi manajerial dan kepemimpinan.

Peserta juga diharapkan dapat mempraktikkan ilmu dan wawasan yang didapat untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan di desa, perencanaan pembangunan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik. (rl/sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler