Kades Sebut Raskin-BLSM Pembodohan

Minggu, 21 Juli 2013 – 02:25 WIB

BOJONGGEDE-Jatah beras untuk warga miskin (raskin) Desa Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, berkurang. Tahun ini, Desa Pabuaran hanya mendapat jatah 2,5 ton bagi 180 kepala keluarga (KK).


Padahal, pada 2012, jatah raskin mencapai 11 ton bagi 1.200 KK. Melihat kenyataan tersebut, Kepala Desa Pabuaran Masduki Isa sangat menyesalkannya. Ia menyebut jika program pemerintah tersebut tidak tepat sasaran.

“Data yang dikeluarkan BPS itu tidak valid dan tidak sesuai dengan data di lapangan. Pokoknya, program raskin dan BLSM itu tidak tepat sasaran, ini program pembodohan masyarakat,”ujarnya.

Ia menjelaskan, ketentuan pemerintah masing-masing per KK seharusnya 15 liter. Namun, Desa Pabuaran hanya membagi lima liter per KK supaya tidak terjadi kecemburuan sosial.

”Kami berkoordinasi dengan BPD, RT, dan RW. Nah, supaya adil kami berikan kepada rumah tangga yang sudah tidak dijatah raskin lagi,”katanya.

Bukan hanya di Desa Pabuaran, hal serupa terjadi di Desa Cilebut Timur. Di desa ini, jatah raskin hanya sebanyak tiga ton 105 kilogram untuk 207 KK. Sebelumnya tiga ton 225 kilogram untuk 215 KK. ”Memang hanya delapan orang yang tidak dapat raskin lagi, tapi sebetulnya mereka masih membutuhkan,” kata Kepala Pembangunan Desa Cilebut Timur, Ade Bagus.

Dikonfirmasi, Asisten Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Bogor Dadang Irfan membantah jika penyaluran raskin tidak tepat sasaran. Sebaliknya, Mantan Kadispora itu menyebutkan bahwa data yang dibuat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melalui Badan Pusat Statistik (BPS) sudah valid.

Sementara itu, menurut data BPS, pada Januari hingga Mei 2012 ada 251,498 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang mendapat jatah raskin. Namun setelah di-ranking, pada Juni hingga Desember 2012 berkurang menjadi 185,698 RTS. Kemudian berkurang kembali menjadi 155.894 RTS pada 2013 ini.

“Data yang ada sekarang sudah ditentukan alokasinya ke RTS yang mendapat raskin. Faktanya, masih ada yang protes karena tidak mendapat raskin,”pungkasnya.(cr18/c)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei di 27 Titik Kampung Deret

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler