KADIN Indonesia Desak Pertamina Percepat Bangun Kilang

Sabtu, 15 Februari 2020 – 22:07 WIB
KADIN. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia mendesak Pertamina untuk mempercepat pembangunan kilang.

Terutama, kilang yang diperluas dengan produk petrokimia. Pasalnya, prospek kilang penghasil petrokimia bisa menjadi penunjang utama berbagai industri nasional.

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaya Ajak Anggota KADIN Buka Lapangan Kerja

“Bukan hanya strategis, tetapi juga menjadi penunjang utama industri nasional. Makanya harus diuber pembangunan kilangnya,” kata Wakil Komisi Tetap Industri Hulu dan Petrokimia Kadin Indonesia, Achmad Widjaja, Sabtu (15/2).

Tingginya peran petrokimia, bisa dilihat dari potensi pasar. Menurut Widjaja, bahkan potensi tersebut bisa lebih dari Rp40-50 Trilun per tahun.

BACA JUGA: Pertamina Temukan Potensi Migas di Perairan Kepulauan Seribu

Widjaya menegaskan, dengan jumlah penduduk Indonesia yang sekarang mencapai 265 juta jiwa, kebutuhan petrokimia menjadi sangat tinggi.

Sementara di sisi lain, perusahaan yang bermain di industri petrokimia masih sedikit. Di antaranyaTPPI Tuban dan Bontang serta grup Chandra Asri.

BACA JUGA: Putri Jakarta Pertamina Energi Belum Terkalahkan di Proliga 2020

Besarnya kebutuhan tersebut, membuat Indonesia saat ini menjadi negara pengimpor petrokimia. Dari total kebutuhan, hanya sekitar 30 persen yang dipenuhi dari suplai dalam negeri.

”Sisanya, 70 persen masih impor,” kata dia.

Karena itu, dengan kilang petrokimia Pertamina, diharapkan bisa mengurangi impor petrokimia secara signifikan.

“Air mineral saja, yang kita minum setiap hari, botolnya masih impor,” kata dia.

Dengan harga nafta 0,01 sen Dolar AS untuk setiap botol air mineral, jelas Widjaja, bisa dihitung bahwa nilai impor produk tersebut sangat luar biasa.

“Dikali rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi, misal 100 juta botol dikali tiga dalm sehari, dikali 365, maka angkanya bisa mencapai triliunan Rupiah,” katanya.

Itu baru satu jenis produk. Padahal, petrokimia merambah pada aneka industri, termasuk industri rumah tangga.

“Industri petrokimia itu besar sekali. Dari tetesan minyak bisa menghasilkan 20 kluster aneka industri. Dimana masing-masing kluster terdiri atas beberapa sub kluster lain,” lanjutnya.

Dalam kaitan itulah, idealnya Pertamina tidak hanya berkonsentrasi menggarap sektor hulu petrokimia, tapi juga di bagian hilirnya.

Bisnis ini menurutnya, membutuhkan investasi sangat besar dan bersifat jangka panjang dengan potensi keuntungan yang didapat juga bersifat jangka panjang.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler