Kaesang Nilai Sukarelawan Berperan Penting Menentukan Pemimpin Selanjutnya

Minggu, 21 Januari 2024 – 22:47 WIB
Ratusan Organisasi sukarelawan Jokowi memberikan mendeklarasikan dukungan kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan cawapres Gibran Rakabuming Raka di Sentul, Bogor, Minggu (21/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menilai peran sukarelawan sangat penting dalam penentuan pemimpin Indonesia selanjutnya.

Hal ini telah terbukti di Pilpres 2014 dan 2019, di mana sukarelawan bergerak tanpa pamrih untuk memenangkan Joko Widodo.

BACA JUGA: Kaesang PSI: Samsul Pasti Menang Debat Lagi

Pernyataan ini disampaikan Kaesang di hadapan ribuan sukarelawan Jokowi dalam Konsolidasi Akbar PSI dan Relawan Jokowi di Sentul International Convention Center, Minggu (21/1).

“Pilpres dua kali temen-temen relawan yang ada di sini memenangkan bapak presiden bekerja tanpa pamrih bergerak di akar rumput meyakinkan masyarakat relawan berhasil membuktikan bahwa kekuatan tersolit adalah kekuatan rakyat kekuatan ketulusan dan kekuatan sukarelawan,” kata Kaesang.

BACA JUGA: Debat Cawapres, Kaesang Sebut Mahfud jadi Lawan Berat Gibran

Untuk itu, Kaesang menilai, bukan hanya partai politik saja yang menjadi wadah satu-satunya untuk menentukan presiden.

Karena peran sukarelawan sangat penting karena bisa menjadi penghubung hingga ke akar rumput.

BACA JUGA: Ada yang Minta Gibran Mundur, Kaesang Serahkan kepada Masyarakat Solo

“Menganggap remeh peran relawan dalam proses pemenangan berarti mereka ini tidak paham apa itu kerelawanan independensi relawan. Dan hebatnya bapak dan ibu semua relawan di sini berjuang,” tegasnya.

Kaesang mengundang para sukarelawan yang belum memiliki partai untuk bergabung dengan PSI.

Jangan sampai perjuangan selama 9 tahun terakhir akhirnya kandas.

“Saya berharap PSI ini bisa menjadi sebuah rumah perjuangan politik bagi bapak dan ibu semuanya yang mungkin belum tergabung di dalam partai politik manapun. Jadi saya sebagai bagian dari PSI, saya juga ingin menyampaikan bahwa saya ada di garis yang sama dengan bapak ibu semua yang ada di sini,” ujarnya.

“Kita udah ada di tengah jalan percepatan Indonesia, sayang kalau kita berputar arah lagi lagi-lagi kita harus memilih pemimpin yang ,ampu melanjutkan kinerja baik,” tutup Kaesang.

Sebelumnya, ratusan organisasi sukarelawan Jokowi mendeklarasikan dukungan kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sukarelawan yang menyatakan tegak lurus pada Jokowi itu juga memberikan dukungan kepada cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Dalam deklarasi dukungan ini nampak hadir Ketua Umum Projo Budi Arie, Ketua Umum Bara JP Utje Gustaaf Patty, Dewan Penasihat Pertiwi Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani dan ribuan sukarelawan pendukung Jokowi. (dil/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler