Kagawa Tumbang, Jepang Masih Menang

Rabu, 12 September 2012 – 05:44 WIB
SAITAMA - Jepang memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014. Jepang masih memimpin klasemen grup B setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Iraq di Stadion Saitama kemarin. Gol semata wayang dalam bentrok juara Asia dua edisi terakhir itu diciptakan Ryoichi Maeda pada menit ke-25.
 
Hasil absolut membuat Samurai Biru " julukan Jepang "  makin kokoh di urutan teratas dengan koleksi 10 angka dari empat laga. Unggul delapan angka dari Iraq di peringkat kedua, tapi dengan jumlah laga lebih sedikit. Hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke putaran final. 
 
"Tiga angka yang sangat krusial dan kami mampu meraihnya. Kami memang ingin lolos ke Brasil secepatnya," kata pelatih Jepang Alberto Zaccheroni kepada Reuters.
 
Zac " sapaan akrab Zaccheroni " memang bisa bernapas lega mengingat Iraq mampu memberikan perlawanan ketat dalam laga di hadapan 60 ribu penonton tersebut. Apalagi Iraq saat ini diasuh Zico yang notabene pernah meloloskan Jepang sampai babak 16 besar di PD 2006.
 
"Iraq bermain bagus, bahkan mereka memiliki dua peluang bagus sebelum kami mencetak gol," jelas Zaccheroni.
 
Eks pelatih AC Milan itu juga sempat dibuat waswas seiring cedera yang dialami playmaker Shinji Kagawa hanya satu jam sebelum kickoff. Bintang Manchester United itu bermasalah dengan punggungnya. "Saya merasakan nyeri di punggung saat pemanasan. Tapi, ini tidak terlalu serius dan tidak harus membuat saya absen lama," tutur Kagawa.
 
Sedangkan Kapten Jepang Makoto Hasebe menilai kehilangan satu atau dua pemain tidak banyak berpengaruh terhadap soliditas Samurai Biru. "Itu karena kami memiliki kualitas pengganti yang bagus pula. Jepang adalah tim yang mengandalkan kolektivitas," terang gelandang VfL Wolfsburg tersebut.
 
Sementara itu, di grup A, tetangga Jepang, Korea Selatan (Korsel), juga masih memuncaki klasemen seusai menahan imbang 2-2 Uzbekistan di Tashkent. Korsel kini memiliki 7 angka dari tiga laga. Sebagai catatan, Jepang dan Korsel adalah wakil Asia dengan capaian terbaik di PD 2010 alias sama-sama lolos ke 16 besar. (dns)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Semua Atlet Aceh Kalah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler