KAI Berikan Tarif Khusus untuk Kereta Api Ini, Harganya Murah

Senin, 06 Februari 2023 – 00:17 WIB
Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute yang dilalui kereta api ini. Harganya murah lho. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, BANYUMAS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan kabar gembira bagi para pengguna yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh.

Pasalnya, perusahaan pelat merah itu memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute yang dilalui KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Kroya-Bandung pergi pulang (PP).

BACA JUGA: Jadwal KAI ke Berbagai Kota dari Jakarta 24 Januari

Harga khusus itu diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan KA tersebut.

Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hubabarat mengatakan sebelumnya pihaknya memberlakukan tarif khusus untuk rute Purwokerto-Kroya dan sebaliknya serta rute Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya.

BACA JUGA: Pemprov Sulbar Mempromosikan Kain Tenun Sekomandi hingga ke Mancanegara

"Mulai 6 Februari 2023, kami berlakukan pula tarif khusus untuk rute Purwokerto-Banjar dan sebaliknya," kata Daniel Johannes Hubabarat di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (5/2).

Dia menambahkan tarif khusus KA Baturraden Ekspres rute Purwokerto-Kroya dan sebaliknya dibanderol Rp 35.000 untuk kelas eksekutif dan Rp3 0.000 kelas bisnis.

BACA JUGA: KAI Punya Banyak Diskon Tiket Kereta Api, Ada yang 50 Persen

Tarif khusus rute Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya sebesar Rp 90.000 kelas eksekutif dan Rp 70.000 untuk kelas bisnis.

Sementara, KA Baturraden Ekspres rute Purwokerto-Banjar dan sebaliknya yang diberlakukan mulai 6 Februari 2023 sebesar Rp 60.000 kelas eksekutif dan Rp 40.000 untuk kelas bisnis.

"Tarif khusus ini untuk optimalisasi okupansi angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat (tempat duduk kosong) pada relasi atau rute tertentu," jelasnya.

Menurut dia, tarif khusus tersebut bisa diperoleh calon penumpang dengan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access atau loket di stasiun maksimal dua jam sebelum keberangkatan.

Lebih lanjut, Daniel mengatakan selain sebagai bentuk apresiasi dan upaya memanjakan, pelanggan KA Baturraden Ekspres, pemberlakuan tarif itu karena melihat animo masyarakat cukup tinggi.

"Bahkan ketika KA Baturraden Ekspres dioperasikan kembali pada 21 Desember 2022 hinga 31 Januari 2023 untuk mendukung angkutan Natal dan Tahun Baru, okupansi penumpang kereta api tersebut mencapai 6.377 orang," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, KAI menambah waktu operasi KA Baturraden Ekspres dengan menjalankannya setiap hari selama Februari 2023.

Kendati demikian, dia mengakui jadwal keberangkatan KA Baturraden Ekspres dari Stasiun Purwokerto mengalami perubahan.

Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA tersebut karena sebelumnya diberangkatkan pada pukul 19.40 WIB berubah menjadi pukul 21.45 WIB.

"Perubahan waktu keberangkatan tersebut dilakukan agar sesuai harapan pelanggan pada saat tiba di Stasiun Bandung, yakni pukul 04.07 WIB," kata Daniel.

KA Baturraden Ekspres pertama kali dijalankan pada 25 Juni 2021 yang melayani relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rupiah Hari Ini Melemah Lagi, Ada Kaitannya dengan Kebijakan China


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler