KAI Luncurkan Rail Card untuk Beli Tiket

Jumat, 06 April 2012 – 10:01 WIB

JAKARTA - Tiga perusahaan BUMN bekerja sama meluncurkan produk rail card, kartu prabayar sebagai pengganti uang tunai untuk pembelian tiket kereta api. Kartu yang memudahkan para pengguna kereta api ini dikeluarkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Selain untuk pembelian tiket kereta api, kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja di merchant-merchant yang memasang logo BNI prepaid. Sejalan diluncurkannya rail card, diluncurkan pula rail box atau mesin penjual tiket kereta api yang disediakan oleh Telkom. Rail box ini ditempatkan di stasiun-stasiun besar, mal atau tempat-tempat tertentu yang telah ditentukan.

"Transaksi melalui rail box hanya bisa menggunakan rail card atau kartu prepaid BNI yang telah terdaftar sebagai member kereta api," kata Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto saat launcing di EX Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (5/4).

Acara ini dihadiri Direktur Komersial KAI Sulistyo Wimbo Hardjito, dan Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Arief Yahya. Menurut Darmadi, rail card dan rail box merupakan salah satu sarana untuk memberikan keleluasan nasabah dalam bertransaksi. Ini juga merupakan solusi yang tepat bagi BNI masuk ke pasar e-money dalam rangka meningkatkan advantage brand value.

Dia mengatakan, penambahan layanan baru ini bukan saja untuk menambah jumlah nasabah. Tetapi membantu pemerintah dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan penumpang dalam melakukan transaksi tiket KA secara cepat, mudah, dan aman.

Sulistyo menambahkan, peluncuran ini untuk mengikuti selera konsumen yang sudah akrab dengan teknologi informasi. "Ke depan, membeli tiket atau pesan tiket KA dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja," katanya.

Harga kartu perdana rail card mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500.000. Rail card dapat diisi ulang melalui ATM BNI, merchant BNI dan mesin EDC BNI yang tersebar di loket-loket stasiun KA. Kartu tersebut juga berfungsi sebagai kartu keanggotaan kereta api frequent passenger. Ini merupakan program yang diberikan KAI kepada pelanggan yang telah setia menggunakan jasa angkutan kereta api. (dri)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Profit Taking Dongkel Rekor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler