KAI Properti Memodernisasi Fasilitas di Stasiun Pasar Senen

Rabu, 16 Oktober 2024 – 20:18 WIB
KAI Properti mengoptimalkan layanan di Stasiun Pasar Senen dengan fasilitas modern. Foto: KAI Properti

jpnn.com - JAKARTA - KAI Properti bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di Stasiun Pasar Senen.

Hal itu sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan penumpang.

BACA JUGA: Dukung Program Besemah 44 Menuju Sumsel Sejahtera, KAI Properti Serahkan Bantuan Rp 163 Juta

Peningkatan ini diinisiasi sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat luas melalui peningkatan kualitas pelayanan.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penumpang, yang tentunya memperkuat peran KAI Properti dalam meningkatkan fasilitas transportasi publik yang nyaman dan efisien.

BACA JUGA: KAI Properti Bersama Rumah BUMN Gelar Kegiatan TJSL di Madrasah Islamiyah Sukopuro

Stasiun Pasar Senen merupakan salah satu stasiun kereta api besar di Indonesia yang melayani berbagai perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan KRL.

BACA JUGA: Komitmen Tingkatkan Keselamatan Kerja, KAI Properti Raih Penghargaan ICSA 2023

Pada hari-hari biasa, stasiun ini melayani rata-rata 8.000 hingga 10.000 penumpang. Jumlah ini meningkat menjadi 11.000 hingga 15.000 penumpang pada akhir pekan, dan bisa mencapai lebih dari 20.000 penumpang per hari selama libur sekolah dan Lebaran.

Peningkatan fasilitas di Stasiun Pasar Senen mencakup dua elemen utama, yakni:

  • Pembangunan eskalator di empat titik strategis. 
    Eskalator ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan, mempercepat alur pergerakan penumpang, dan memudahkan penumpang yang membawa barang dalam jumlah besar atau yang memiliki mobilitas terbatas. Teknologi eskalator ini dirancang dengan sistem keamanan modern dan hemat energi, memastikan operasi yang efisien dan aman bagi penumpang.
  • Pemasangan pendingin ruangan (AC) di Hall Utama
    Pemasangan fasilitas pendingin ruangan (AC) di Hall Utama untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang yang menunggu keberangkatan atau kedatangan kereta. Sistem AC yang digunakan adalah teknologi efisien energi dan ramah lingkungan, sejalan dengan komitmen KAI Properti terhadap keberlanjutan. Dengan adanya fasilitas ini, suasana di stasiun menjadi lebih nyaman, terutama pada saat cuaca panas atau saat-saat puncak penumpang.

Kedua fasilitas ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan memudahkan pergerakan penumpang, baik pengguna KAJJ maupun KRL.

Peningkatan ini merupakan bukti nyata kolaborasi antara KAI Properti dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam upaya meningkatkan standar kenyamanan dan keselamatan penumpang kereta api di Indonesia.

"Di Stasiun Pasar Senen kami pasang AC. Kemudian tangga-tangga manual sekarang kami pasang dengan eskalator, ini untuk memudahkan pelayanan dan memberikan kenyamanan yang lebih kepada para penumpang," ujar Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Ke depannya, KAI Properti berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan berkelanjutan yang berfokus pada kepuasan pelanggan, dengan menghadirkan inovasi yang mendukung pelayanan publik yang lebih baik. (kaiproperti/jpnn)


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler