Kalah Adu Penalti, Indonesia Gagal Lagi

Senin, 02 September 2013 – 22:00 WIB

jpnn.com - NAYPYTAW - Timnas Indonesia U-16 kembali gagal meraih gelar juara setelah dikalahkan Malaysia melalui drama adu penalti di Final AFF Cup U-16 di Stadion Wunna Theikdi, Senin (2/9) malam. Pada laga normal 2 x 45 menit, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1.

Namun, Indonesia tidak beruntung di babak adu penalti karena 4 dari 6 penendangnya gagal mencetak gol. Sementara Malaysia mencetak 3 gol dari 6 kali kesempatan.

BACA JUGA: Gabung Madrid, Bale Tak Mau Jadi Eksekutor

Malaysia sempat menguasai permainan di awal babak pertama. Namun memasuki menit ke-20, pemain-pemain Indonesia sudah berani menusuk jantung pertahanan Malaysia.

Kejutan-kejutan pemain Indonesia membuat permainan Malaysia tidak nyaman. Puncaknya terjadi pada menit ke-28. Berawal dari umpan tarik kapten Timnas U-16, Reksa Maulana, striker Gatot Wahyudi mampu memanfaatkannya menjadi gol.

BACA JUGA: Rogoh Rp 700 M, Arsenal Boyong Ozil

Selepas gol itu, Malaysia berusaha untuk menyamakan kedudukan. Tapi hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, stamina pemain-pemain Indonesia dan Malaysia menurun tajam. Hal ini membuat kedua kesebelasan tidak bisa leluasa mengembangkan permainan.

BACA JUGA: Tiga Klub IPL Didiskualifikasi

Malaysia sempat mendapat peluang pada menit ke-81 melalui tendangan bebas. Hanya saja masih bisa diblok dengan baik oleh tembok pagar hidup pemain Indoesia.

Garuda Muda juga berhasil menciptaan peluang pada menit akhir melalui skema serangan balik. Sayang, kali ini upaya Gatot tidak membuahkan hasil.

Saat sudah akan merayakan kemenangan, Indonesia mendapat hukuman tendangan penalti di masa injury time. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh pemain nomor 11 Malaysia yang berhasil mengelabui kiper Panggih Priyo Sambodo. Skor akhir di waktu normal menjadi 1-1 dan pertandingan dilanjutkan ke adu tendangan penalti.

Dalam drama adu penalti Indonesia kembali sempat memimpin saat 3 penendang pertama Malaysia gagal mencetak gol. Sementara dari 3 penendang awal Indonesi, hanya satu yang tidak menemui sasaran.

Namun Dewi Fortuna tidak berpihak ke Garuda Muda karena 3 penendang berikutnya justru gagal. Sementara 3 penendang akhir Malaysia semuanya berbuah gol.

Hasil ini secara keseluruhan membuat Malaysia menang 4-3. Sedangkan Indonesia kembali gagal meraih gelar. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kaka Pulang, Milan Tambah Kuat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler