Kalahkan Irak, Australia ke Piala Dunia

Rabu, 19 Juni 2013 – 08:04 WIB
SYDNEY - Untuk tiga kali secara beruntun Australia lolos ke putaran final Piala Dunia. Socceross berhasil melaju ke Brasil 2014 via kemenangan 1-0 atas Irak di Stadium Australia, Sydney kemarin.

Australia harus berterima kasih kepada striker Josh Kennedy. Pemain asal klub Nagoya Grampus (J-League) tersebut mencetak satu-satunya gol hanya tujuh menit sebelum pertandingan terakhir. 

Gol tersebut membuat lebih dari 80 ribu penonton yang memadati Stadium Australia larut dalam kegembiraan dalam. Gemuruh penonton luar biasa berisik, mengingatkan saat Australia mengalahkan Uruguay tahun 2005 pada playoff kualifikasi Piala Dunia 2006.     

"Saya sangat bangga pada semua orang. Fase ini sangat-sangat berat. Namun kami menunjukkan sebuah ketangguhan metal," ucap Lucas Neill, kapten Australia seperti dilansir Guardian.

"Saya meminta maaf karena penampilan kami tidak cukup bagus. Namun kami berhasil mengalahkan mereka. Kami tetap mendorong diri sendiri agar tetap tampil positif. Dan akhirnya kami bisa pergi ke Brasil," imbuh pemain berusia 35 tahun itu.         

Pada banyak sisi, Kennedy tidak seperti pahlawan yang diharapkan. Pemain berusia 30 tahun tersebut tidak bermain untuk timnas sejak 2011.

Pada pertandingan kemarin, dia juga bermain sebagai pengganti pahlawan lokal Sydney, Tim Cahill pada menit 78. Cahill, pemain New York Red Bulls itu tampak tidak gembira karena digantikan dalam partai yang sangat krusial ini. 

Namun pada akhirnya Cahill juga ikut gembira. Sebab Australia lolos ke Brasil mengikuti Jepang yang sudah lebih dulu melaju dari B.

Sekarang Australia mengumpulkan poin 13. Di Grup ini, masih menyisakan satu lagi partai krusial antara Oman versus Yordania. Oman hanya butuh hasil seri untuk menantang peringkat ketiga Grup A Uzbekistan. (nur)

Penampilan Australia di Piala Dunia
1974  Jerman Barat        Fase Grup
2006  Jerman                 Babak 16 Besar
2010  Afrika Selatan       Fase Grup

BACA ARTIKEL LAINNYA... Zidane Dianggap Belum Layak Latih El Real

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler