Kalau BG jadi Kepala BIN, Wakapolri Jangan yang Aneh ya Pak

Selasa, 21 Juni 2016 – 15:55 WIB
Desmond Mahesa. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Usai gonjang ganjing calon Kapolri mereda menyusul penunjukan Komjen Tito Karnavian, kini bergulir lagi bola panas baru. Namanya, calon Wakil Kapolri.

Ada kabar angin menyebutkan, pendamping Tito itu nanti tetap dijabat Komjen Budi Gunawan, Ah tapi masa iya. Ada juga rumor yang muncul, Wakapolri baru, dan Budi Gunawan ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), 

BACA JUGA: Ahok Doakan Jokowi jadi Presiden yang Kuat dan Sehat

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa tidak mempersoalkan bila Presiden Joko Widodo menujuk Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

Hanya saja, politikus Gerindra itu meminta dalam mencari pengganti BG, Presiden Jokowi jangan aneh-aneh seperti ketika mengusulkan Komjen Tito sebagai calon tunggal kapolri. Padahal banyak senior yang dilompatinya.

BACA JUGA: Gerindra Tolak RAPBNP 2016 Disusupi PMN

"Tentunya kalau ada Wakapolri menggantikan BG, jangan lagi yang aneh-aneh. Misalnya desas desus penggantinya adalah Lutfi. Kalau Lutfi kan juga orang ‎muda, tidak ada jembatan antara junior dengan senior," kata Desmond di gedung DPR Jakarta, Selasa (21/6). Irjen Luthfi Lubihanto saat ini menduduki jabatan Waka Baharkam Polri.

Akan lebih bijaksana, kata Desmond, kalau Wakapolri menggantikan Komjen BG tetap diserahkan kepada para jenderal bintang tiga yang senior, agar bisa mendampingi dan menjadi wadah bagi junior. 

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Khawatirkan Tito Berpihak ke Jokowi saat Pemilu 2019

"Kalau Lutfi muda-muda semua, apa yang terjadi. Kalau BG jadi Kepala BIN, itu jenderal jenderal senior banyak. Ada Putut, ada Safruddin, ada Dwi, siapa saja lah. Tapi kalau Luthfi perubahannya terlalu radikal," tambahnya. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Pilih Tito, Masinton: Jalannya Tak Berlubang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler