Kaleidoskop 2019: Mobil Baru Harga di Bawah Rp 250 Juta

Jumat, 27 Desember 2019 – 10:08 WIB
Ilustrasi pameran mobil. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sepanjang 2019, hampir semua produsen otomotif dunia di Indonesia merilis mobil-mobil terbarunya, baik benar-benar baru maupun sekadar minor change (facelift).

Dari sekian banyak model yang diperkenalkan agen pemegang merek (APM) mobil di tanah air, sebagian besar memang menyasar segmen menengah ke bawah, karena pasarnya yang sangat besar.

BACA JUGA: Wuling Cortez Turbo Tak Terbendung Hingga Tanah Melayu Deli

Di segmen konsumen tersebut, JPNN mencoba merangkum mobil baru dengan harga Rp 250 juta ke bawah, yang dirilis sepanjang 2019.

1. Duo Avanza-Xenia

BACA JUGA: 7 Kebaruan Suzuki Baleno Jadi Modal Bersaing di Kelas Mobil Rp 250 Juta

Pembaruan pada duo LMPV Toyota-Daihatsu ini menjadi pembuka tahun 2019. Tepatnya pada 15 Januari lalu, keduanya resmi mengaspal. Sekaligus menandai perjalanan mereka selama 15 tahun di tanah air.

New Avanza dan Grand New Xenia sama-sama membawa pembaruan baik di eksterior maupun interior. Gaya stylish dan mewah menjalar di kedua sektor, termasuk pembaruan di sistem entertainment dan fitur keselamatan.

BACA JUGA: Renault Triber Beri Kode Tantangan ke Avanza dan Xpander dari India

Ada 7 varian, Avanza facelift per November dibanderol mulai dari Rp 188,6 juta (varian terendah), dan Rp 239,45 juta (varian tertinggi Veloz). Sementara Grand New Xenia ditawarkan dalam 10 barian (1.3L - 1.5L) dengan harha mulai dari Rp186,65 juta sampai Rp 228,95 juta.

2. All-new Nissan Livina

Menggairahkan persaingan di segmen paling gemuk (LMPV), Nissan pun merilis generasi terbaru Livina yang merupakan adopsi dari platform Mitsubishi Xpander, pada Februari lalu.

All-new Livina membawa ciri khas Nissan terutama di bagian muka. Perbedaan dengan Xpander hanya pada setelan suspensi dan sejumlah aksen, selebihnya sama.

Nissan Livina terbaru ditawarkan dalam 5 varian dengan harga mulai dari Rp 205 juta hingga Rp 269 juta (per Desember).

3. Wuling Cortez CT

Pemain baru asal Tiongkok ini juga tidak mau ketinggalan. Berselang satu bulan, tepatnya April Wuling menghadirkan penyempurnaan dari MPV premium mereka, Cortez CT, dan LMPV Confero S ACT.

Wuling Cortez CT merupakan penyempurnaan di sektor tenaga, kini mesin 1.5L sudah diinduksi turbocharged termasuk transmisi CVT dengan simulasi 8-percepatan. Tentu, di atas kertas tenaganya jadi makin buas tetapi tetap efisien di konsumai bahan bakar.

Sementara itu, Confero S ACT hadir membawa pengalaman berkendara lebih seru melalui penyempurnaan dari transmisi baru, e-Clutch, pengoperasian transmisi manual tanpa pedal koplimg (rasa otomatis). Termasuk beberapa fitur tambahan yang lebih seru.

Wuling Cortez CT ditawarkan dalam 3 varian, dengan harga mulai Rp 236,5 juta. Adapun Confero S ACT Rp 195,3 juta.

4. Renault Triber

Setelah lama tidak terdengar aktivitasnya di tanah air, Renault akhirnya membawa semangat baru melalui model LMPV, Triber.

Renault Triber hadir dengan rancangan mobil keluarga berkonfigurasi 5 atau 7 penumpang, yang dibekali mesin 1.000 cc tiga silinder dan transmisi manual dan otomatis.

Melalui PT Maxindo Renault, Triber disediakan dalam enam varian, harganya mulai Rp 133 juta sampai Rp 169,9 juta.

5. Suzuki Baleno facelift

Terakhir, Suzuki menutup persaingan mobil dengan harga Rp 250 juta pada penghujung tahun ini, melalui peluncuran Baleno Hatchback facelift.

Suzuki sendiri memberikan sejumlah pembaruan pada wujud Baleno hatchback, mulai dari eksterior, kaki-kaki, hingga interior.

Hatchback dibekali mesin K14B 1.500 cc, DOHC, VVT, MPI iniditawarkan dalam dua varian yakni transmisi manual dan otomatis. Harganya mulai dari Rp 221.000.000 hingga Rp 233.500.000.

Pilih yang mana? Tinggal terserah Anda menyesuaikan selera dan isi kantong. Tentunya semua produk memiliki keunggulan masing-masing sesuai fungsional yang diinginkan. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler