Kalimat Ibu Ani Yudhoyono yang Sulit Dilupakan Pengurus Honorer K2

Senin, 03 Juni 2019 – 04:17 WIB
Pengurus Honorer K2 bertemu SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com - Meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menimbulkan duka mendalam di kalangan honorer K2. Apalagi di era SBY, banyak honorer yang diangkat menjadi PNS

Mesya Mohammad - Jakarta

BACA JUGA: Bu Ani yang Saya Kenal

SABTU, 1 Juni 2019, grup WhatsApp honorer K2 ramai dengan kabar meninggalnya ibu Ani. Info berantai di grup WA ini sontak mengundang reaksi. Banyak yang menyatakan belasungkawa. Tidak sedikit pula meragukan info tersebut.

"Hoaks itu. Tadi pagi politikus Demokrat bilang Ibu Ani masih di ruang ICU," kata Ketua Umum ProPAS (Pro Prabowo-Sandi) Bhimma Kurniadi memberikan bantahan di grup honorer K2.

BACA JUGA: Momen Pak SBY dan Bu Mega Bersalaman di TMP Kalibata

Bantahan itu dikirim Bhimma 1 Juni pukul 09.30 WIB. Dia pun sempat meminta anggotanya tidak ikut menyebarkan berita hoaks dan seharusnya mendoakan agar Ibu Ani segera sembuh.

BACA JUGA: Momen Pak SBY dan Bu Mega Bersalaman di TMP Kalibata

Namun, grup WA honorer K2 kembali ramai sekitar pukul 11.20 Wib menginformasikan wafatnya Ibu Ani. Kali ini dicantumkan link beberapa media online dan siaran beberapa TV swasta.

BACA JUGA: Megawati Hadiri Pemakaman Bu Ani, Prabowo Tak Terlihat

Nur Baitih bersama Ibu Ani Yudhoyono. Foto: Istimewa for JPNN.com

Sontak sebagian besar honorer K2 menulis kalimat ungkapan belasungkawa. Para pengurus forum yang pernah bertemu dengan SBY dan Ibu Ani mengungkapkan duka cita teramat dalam. Seperti pengakuan Nur Baitih, koordinator Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta.

"Innalillahi wa innailaihi roji'un. Atas nama pribadi dan pengurus besar PHK2I turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono. Beliau sosok ibu yang luar biasa bijaksana," kata Nur kepada JPNN, Minggu (2/6).

BACA JUGA: Air Mata Tiga Lelaki Kesayangan Bu Ani Tak Terbendung

Dia menggambarkan, Ibu Ani dekat dengan semua kalangan termasuk honorer K2. Walaupun baru kali pertama bertemu Ibu Ani, kesan mendalam sangat dirasakan Nur bersama pengurus forum.

Diceritakannya, pertemuan honorer K2 dengan SBY dan Ibu Ani di Kebumen beberapa waktu lalu adalah pengalaman luar biasa. Ibu Ani sangat baik dan santun. Bahkan almarhumah menunjukkan bentuk kepedulian terhadap nasib honorer.

"Dengan jiwa keibuannya beliau terlihat sangat melindungi, mengayomi. Sepanjang pertemuan, ibu menyimak dan mencatat semua yang kami keluhkan. Ibu dengan bijaksana menunjukkan sangat ingin honorer K2 menjadi lebih baik," tuturnya.

"Bahkan saat kami salaman, beliau bilang ke saya dan Ibu Titi (ketum PHK2I) kalian wanita hebat yang berjuang tanpa menyerah demi nasib kalian dan orang banyak," sambungnya.

Pengurus Forum Honorer K2 berfoto bersama SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. Foto: Istimewa for JPNN.com

Yang berkesan di Nur, saat pertemuan di Kebumen, Ibu Ani hafal delapan nama pengurus forum honorer K2.

"Sebelum mulai Ibu Titi kan memperkenalkan satu per satu dari mana asal kami. Beliau simak dan catat apa yang kami sampaikan. Sampai pulang, Ibu Ani masih ingat nama-nama kami. Itu luar biasa," ucapnya.

Begitu juga SBY. Menurut Nur, SBY mengamati saat honorer K2 demo di istana dan bermalam di sana.

"Pak SBY bilang, “perih rasanya hati saya lihat perjuangan kalian. Jika ada kesempatan bertemu Presiden Jokowi, ini hal khusus yang akan saya sampaikan terkait nasib K2”," kata Nur mengutip ucapan SBY.

Kesan mendalam juga dirasakan Titi Purwaningsih. Ketum PHK2I ini bersama Nur dan enam pengurus forum lainnya merasa tersanjung bisa bertemu dua tokoh nasional itu. Baik SBY maupun Ibu Ani sama-sama memiliki kedekatan dengan honorer K2.

Selama SBY memerintah, 1 juta lebih honorer sudah diangkat PNS. Bahkan di saat-saat terakhir masa kepemimpinannya, masih sempat mengangkat honorer K2 jadi PNS pada 2013/2014.

Titi melihat bagaimana kesetiaan SBY kepada Ibu Ani sampai akhir hayat. "Yang tabah, yang sabar Pak SBY. Ibu Ani akan ditempatkan di surga Firdaus. Surga yang tertinggi. Selamat jalan Ibu Ani. Indonesia berduka atas sosok inspiratif bangsa yang sangat luar biasa. Terutama bagi kaum ibu atas kesetiaan dan dedikasi Ibu Ani untuk suami, keluarga serta buat bangsa dan negara," bebernya.

Bhimma menambahkan, seluruh honorer K2 tidak akan melupakan jasa Ibu Ani serta suaminya. SBY adalah tokoh besar yang dirindukan honorer K2. Kepedulian SBY salah satunya juga karena peran Ibu Ani yang penuh sikap welas asih.

"Doa seluruh honorer K2 untuk Ibu Ani. Semoga Ibu Ani diterima di sisi Allah SWT. Saya sangat bersyukur bisa bertemu Ibu Ani dan SBY," tandasnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbata-bata saat Pidato di Pemakaman Bu Ani, AHY: Selamat Jalan Memo


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler