Kampanye dan Edukasi Pakai Masker Harus Intensif, Masif dan Tepat Sasaran

Sabtu, 31 Oktober 2020 – 21:06 WIB
Sejumlah warga mengenakan masker. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, BANYUMAS - Salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 ialah dengan disiplin memakai masker secara bersama. Tidak bisa sendirian, harus seluruh masyarakat.

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr. Yudhi Wibowo, M.PH mengatakan masyarakat harus disiplin memakai masker.

BACA JUGA: Patuhi Protokol Kesehatan jadi Tameng Paling Kuat Cegah Covid-19 Selama Pelesiran

"Disiplin pakai masker ini sangat diperlukan guna melindungi diri sendiri dan juga melindungi orang-orang di sekitar," katanya, Sabtu (31/10).

Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut juga mengatakan masyarakat merupakan salah satu garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

BACA JUGA: Pak Doni Tak Lelah Mengingatkan Masyarakat untuk Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

BACA JUGA: Guru Besar Unpad Yakin Vaksin Covid-19 yang Tengah Diuji di Bandung Aman

"Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta berbagai protokol kesehatan lainnya," katanya.

Menurut dia, penggunaan masker yang standar dan tepat cara pakainya sangat efektif untuk mencegah penularan COVID-19.

"Oleh karena itu kampanye dan edukasi secara terus menerus kepada seluruh masyarakat sangat dibutuhkan, perlu dilakukan secara berulang-ulang, tanpa mengenal menyerah," katanya.

Dengan kampanye yang masif, kata dia, akan dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

"Sosialisasi harus berjalan intensif dan berkelanjutan, dilakukan secara masif dan tepat sasaran," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa saat ini sangat dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk mencegah penularan COVID-19.

"Seluruh pihak harus berperan aktif dalam sosialisasi protokol kesehatan, mulai dari pemerintah, komunitas hingga seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 membutuhkan peran serta masyarakat agar dapat berjalan dengan optimal.

Terlebih lagi, kata dia, Kementerian Kesehatan pada saat ini juga tengah mengampanyekan disiplin memakai masker kepada masyarakat agar terhindar dari penularan COVID-19.

"Mari bersama-sama mendukung upaya ini demi kebaikan bersama dan demi melindungi orang-orang yang kita sayang," katanya. (ant/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler