Kampanye Pilpres, Trump Banggakan Keberhasilannya Menghabisi Jenderal Iran

Jumat, 10 Januari 2020 – 21:26 WIB
Presiden Donald Trump di Sidang Umum PBB. Foto: AFP

jpnn.com, OHIO - Presiden Donald Trump menjadikan pembunuhan jenderal Iran Qassem Soleiman sebagai materi kampanyenya di Toledo, Ohio, Kamis (9/1).

Trump mendapat sorakan dari ribuan orang yang hadir ketika ia mengatakan bahwa kematian Soleimani menyelamatkan banyak nyawa dan mengantarkan keadilan bagi Amerika.

BACA JUGA: Makin Mesra, Trump Ucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Kim Jong Un

Sebagian besar pidato Trump dalam kegiatan kampanye itu seputar pembelaannya atas perintah yang dia keluarkan untuk membunuh Soleimani.

Trump menolak kritik dari kalangan Demokrat, yang menganggapnya melampaui batas dengan memerintahkan militer AS untuk melakukan serangan pesawat nirawak terhadap komandan pasukan militer di bandara Baghdad minggu lalu.

BACA JUGA: Parlemen AS Tolak Rencana Donald Trump Berperang dengan Iran

Dia menuduh Soleimani mengatur aksi unjuk rasa dengan kekerasan oleh kelompok-kelompok dukungan Iran di Kedutaan Besar AS di Baghdad awal Januari.

Trump mengatakan bahwa kalau dia tidak mengirimkan pasukan AS untuk melindungi kedutaan, para demonstran kemungkinan akan bisa merangsek masuk dan membunuh orang-orang Amerika atau menyandera mereka.

BACA JUGA: Respons Santai Donald Trump terhadap Serangan Iran: Militer Amerika Terkuat di Dunia

Penampilan Trump di arena di Toledo itu merupakan kampanye pertamanya dalam tahun pemilihan 2020 ini. Kehadiran Trump menunjukkan betapa penting negara bagian itu untuk membantunya menang kembali pada pemilihan presiden bulan November.

Trump pada 2016 menang di Ohio dengan poin delapan persen, membalikkan kemenangan yang sebelumnya dicapai oleh Barack Obama dari Demokrat baik pada 2008 maupun 2012.

Trump dan para penasihat utamanya mengatakan Soleimani merupakan otak di balik serangan terhadap target-target Amerika di Timur Tengah. Tuduhan itu mengundang kritik dari berbagai kalangan karena tidak disertai dengan keterangan lebih rinci. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler