Kamu Suka Tidur Sehabis Makan Sahur atau Salat Subuh? Oh Pantas Saja...

Senin, 27 Maret 2023 – 06:59 WIB
Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri alias Buya Yahya. Foto: staialbahjah.ac.id

jpnn.com, JAKARTA - Pendakwah Prof Yahya Zainul Ma'arif atau lebih dikenal dengan Buya Yahya mengungkap salah satu akibat yang bisa dialami seseorang jika terbiasa tidur setelah makan sahur atau salat Subuh.

"Dia akan kehilangan banyak hal, di antaranya rezeki. Rezekinya sempit," kata Buya Yahya mengingatkan melalui ceramahnya yang dikutip melalui kanal resminya Al-Bahjah TV di YouTube, Senin (27/3).

BACA JUGA: 8 Adab Berbuka Puasa yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Mungkin Sering Kamu Lupakan

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon itu menegaskan memang tidak ada larangan tidur setelah salat Subuh.

"Tidur habis salat Subuh tidak haram, tetapi ulama mengatakan itu makruh, karena waktu itu yang tepat bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah," terangnya.

BACA JUGA: Ingin Dikejar-kejar Rezeki? Habib Abdul Qodir Baabud Beri Ijazah Amalan Ini

Buya Yahya mengingatkan ada dua waktu yang jangan sampai dilalaikan.

Selain setelah salat subuh hingga terbitnya matahari, yakni sehabis salat asar sampai magrib.

"Dua waktu itu istimewa. Kalau kita dekat dengan Allah di antara waktu setelah asar sampai magrib, itu menjadi sebab kita diberi rezeki batin, seperti tentram hati dan sebagainya," kata ulama yang memiliki nama lengkap Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri itu.

Sementara itu, lanjut Buya Yahya, bagi siapa pun yang menghidupkan antara setelah waktu salat Subuh hingga matahari terbit, maka menjadi penyebab Allah memberikan rezeki zahir.

"Rezeki zahir itu dalam bentuk duit dan sebagainya. Allah akan beri rezeki lebih banyak, lebih cepat daripada orang yang mulai pagi sudah kerja di pasar," ujarnya.

Bagaimana jika pagi-pagi seseorang tersebut harus pergi untuk bekerja?

"Jadikan perjalanan kamu sambil berzikir dan terus menyebut dan mengagungkan Allah," jawabnya.

Keutamaan waktu setelah salat Subuh hingga matahari juga sudah diingatkan Rasulullah sebagaimana diriwayatkan Ibnu Abbas melalui HR Imam Thabrani:

Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu 'an thalabi arzuqakum

Artinya: ketika kalian sudah selesai melakukan salat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu

Ulama Syekh al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menyebutkan kebiasaan Rasulullah SAW setelah salat subuh berzikir dan beristighfar.

Kemudian setelah matahari terbit, barulah Rasulullah berjalan keluar mencari rezeki. (mar1/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler