Kandungan Cokelat Ini Bisa Normalkan Tekanan Darah

Jumat, 11 September 2020 – 21:45 WIB
Ilustrasi, seseorang wanita sedang memakan cokelat. Foto: klikdokter

jpnn.com, JAKARTA - Bertambahnya usia tetapi tidak diikuti gaya hidup sehat membuat tubuh rentan terserang penyakit. Untuk itu, Anda harus mengoptimalkan tubuh agar tetap prima, terlebih di masa pandemi ini.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

BACA JUGA: 4 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana Suganda, menerangkan bahwa penerapan pola hidup sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi flavanol.

“Flavanol merupakan senyawa antioksidan yang terdapat di biji cokelat, yaitu cocoa flavanol. Kandungan flavanol pada cocoa dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah,” ujar Diana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9).

BACA JUGA: Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Usai Lebaran

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, usia di atas 30 tahun manusia rentan terkena risiko penyakit stroke dan serangan jantung yang umumnya diawali dari tekanan darah tinggi.

Beberapa jurnal dan studi global telah mengulas manfaat flavanol dalam cokelat (cocoa) terhadap berbagai penyakit, salah satunya meringankan beban kerja jantung.

BACA JUGA: Hindari 5 Makanan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah

Peredaran darah sehat sangat bergantung dari pembuluh darah elastis yang bisa didapatkan dengan konsumsi rutin coklat tersebut minimal 200mg/hari.

Cocoa flavanol dapat memperbaiki pembuluh darah yang tidak elastis sehingga meringankan beban kerja jantung dan meningkatkan fungsi jantung.

Fungsi lainnya, konsumsi jangka panjang 900mg atau lebih cocoa flavanol per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Antioksidan dalam cocoa flavanol dapat merangsang produksi nitrat oksida dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi normal.

Melansir laman MDPI, kandungan flavanol dalam cocoa dapat membantu penderita diabetes tipe 2 meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengurangi kandungan gula dalam darah.

Selain itu, menurut British Journal of Clinical Pharmacology cocoa flavanol dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menimbulkan suasana hati yang positif.

Founder Cocoa X’tend Indonesia Juliana Wijaya mengatakan, untuk mendapatkan manfaat dari flavor salah satunya ialah bisa didapatkan dari cocoa powder atau bubuk cokelat.

Ia menyarankan meminumnya murni tanpa gula dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

"Bisa dinikmati dengan air hangat atau air dingin untuk dibuat minuman. Sebaiknya tidak diseduh dengan air panas hingga u0 derajat Celcius karena kadar flavanolnya akan berkurang," kata Julian. (ddy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler