Kang Emil Mengisyaratkan Siap Maju Pilpres 2024

Kamis, 02 Desember 2021 – 06:17 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan isyarat siap diusung pada Pilpres 2024 melalui sebuah karya lukisan yang ia buat secara spontan di Jogja National Museum (JNM), Rabu (1/12/2021). ANTARA/Luqman Hakim

jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab di sapa Kang Emil bicara tentang kesiapan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengisyaratkan siap maju pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut melalui sebuah karya lukisan di Jogja National Museum (JNM).

BACA JUGA: Survei: Mayoritas Warga Jabar Menginginkan Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024 

"Ini perjalanan 2024, apakah merah, apakah (melalui) pintu hijau, pintu kuning, pintu biru hanya Allah yang menentukan," ujar Ridwan Kamil.

Dia menyatakan hal tersebut sembari menunjuk lukisan karyanya seusai pembukaan pameran 'Jabar Motekar' di JNM, Yogyakarta, Rabu (12/1).

BACA JUGA: Putusan MK Soal UU Ciptaker Hambat Investasi Masuk ke Indonesia?

Kang Emil membuat sebuah lukisan abstrak yang memuat goresan warna merah, biru, hijau, serta kuning secara spontan, saat membuka pameran yang menampilkan 20 lukisan karyanya mulai 1-7 Desember 2021.

Saat ditanya ihwal warna yang dominan dengan merujuk lukisannya, Kang Emil menyebut warna hijau lebih dominan dibandingkan warna lain.

BACA JUGA: Simak Pernyataan Pratikno Soal Reshuffle Kabinet, Singgung Soal Omicron

"Hijau sebenarnya (dominan) sama sedikit merah," katanya.

Meski demikian, Kang Emil mengaku bakal memutuskan bergabung dengan partai politik pilihannya tahun depan setelah melaksanakan istikharah (menentukan pilihan) menjelang Pilpres 2024.

Dia menyadari untuk masuk dalam kontestasi Pilpres 2024 tidak mungkin ditempuh melalui jalur independen.

"Kalau di level nasional tidak mungkin independen, jadi saya akan istikharah tahun depan mau masuk partai," tuturnya.

Seandainya nantinya diusung sebagai cawapres, dia mengaku tidak ambil pusing.

Baginya, baik diusung sebagai calon RI 1 atau RI 2 pada muaranya adalah harus mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Enggak ada masalah, pemimpin itu di mata Tuhan sama saja. Nomor satu atau nomor dua bagi saya sama saja, yang penting rakyat lebih sejahtera, Indonesia lebih maju," katanya.

Saat ini, dia memilih fokus merealisasikan janji politiknya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Menurutnya, tanpa pencitraan dan cukup bekerja dengan fokus dan serius dengan sendirinya bakal memengaruhi tingkat elektabilitasnya ke depan.

"Jadi, kalau survei itu naik turun. Entah itu nomor satu di Partai Nasdem saya apresiasi. Kembali lagi, dari mana dukungan itu? Dari akumuliasi kerja kan. Makanya fokus saja kerja," ucapnya.

Seperti diketahui, nama Ridwan Kamil selalu muncul di peringkat lima besar dalam bursa calon Presiden atau wakil Presiden untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Terbaru, hasil survei Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) bekerja sama dengan Rectoverso Institute menyatakan mayoritas warga Jawa Barat (Jabar) ingin Gubernur Jabar M Ridwan Kamil maju sebagai capres atau cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.(Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler