Kantong Parkir di Jakarta Timur Mulai Dipenuhi Bus Jemaat Misa Akbar Paus Fransiskus

Kamis, 05 September 2024 – 13:49 WIB
Puluhan bus sudah mulai memenuhi kantong parkir di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Kamis (5/9/2024). Bus-bus itu digunakan jemaat Katolik untuk mengikuti kegiatan Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak tiga kantong parkir di wilayah Jakarta Timur sudah mulai penuh dengan bus yang digunakan jemaat Katolik untuk mengikuti kegiatan Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9).

Tiga kantong parkir itu, yakni Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, pul bus TransJakarta Cawang, dan pul bus TransJakarta Terminal Kampung Rambutan.

Kantong-kantong parkir itu pun dijaga ketat oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, aparat kepolisian, dan petugas keamanan setempat.

Petugas Unit Pengelola Perparkiran Dishub DKI Jakarta Umar mengatakan di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII bisa menampung 200 lebih bus.

"Namun, berdasarkan informasi dari atasan bahwa bus-bus yang ada di museum ini hanya sebanyak 150 bus," kata dia.

Bus-bus yang terparkir di museum ini digunakan jemaat untuk mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK.

"Setelah jemaat Katolik usai mengikuti Misa Akbar, bus-bus ini pada Kamis malam akan berangkat ke GBK untuk menjemput para jemaat," ujarnya.

Sementara itu, kantong parkir di pul bus TransJakarta Cawang dan Terminal Kampung Rambutan juga mulai dipenuhi bus-bus yang terparkir.

Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Ayu Wardhani mengatakan TransJakarta menyediakan dua depo untuk dijadikan kantong parkir, yakni di Depo Cawang dan Terminal Kampung Rambutan.

"Untuk depo Cawang kami sediakan untuk kapasitas 200 unit bus, dan depo Kampung Rambutan sebanyak 110 bus mulai pukul 06.00-22.00 WIB," katanya.

Dengan penyediaan kantong parkir ini, Ayu berharap bisa memudahkan para jemaat yang ingin menghadiri Misa Akbar Paus Fransiskus, khususnya bagi mereka yang datang dari luar Jakarta.

Selanjutnya, masyarakat bisa memanfaatkan layanan TransJakarta untuk menuju lokasi Misa Akbar.

"Depo kami sangat dekat dengan layanan TransJakarta regular. Jadi dari lokasi kantong parkir, para jemaat bisa menggunakan layanan kami yang menuju ke GBK, demikian juga selesai acara jemaat bisa menggunakan layanan yang sama untuk kembali menuju kantong parkir yang berada di depo," papar Ayu.

Selain menyediakan kantong parkir, tambah dia, TransJakarta juga melakukan penambahan sebanyak 300 unit armada saat kegiatan ini.

Dengan dukungan ini, Ayu berharap bisa memudahkan mobilitas masyarakat yang ingin menghadiri Misa Akbar bersama Paus Fransiskus. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA JUGA: Guru Muslimah Asal Buton Menangis Terharu bisa Berhadapan Langsung dengan Paus Fransiskus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengumuman untuk Umat Katolik: Panitia Tidak Menjual Tiket Masuk Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler