Kantongi 2 Sertifikasi ISO, MTM Menjamin Kualitas Layanan dan Jasa

Selasa, 14 Maret 2023 – 18:48 WIB
Kantongi 2 Sertifikasi ISO, MTM Menjamin Kualitas Layanan dan Jasa. Foto: dok. MTM

jpnn.com, JAKARTA - Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 27001:2013 dari British Standart Institution (BSI).

Presiden Direktur & CEO MTM Nurul Kowim mengatakan sertifikasi tersebut menegaskan perusahaannya memenuhi standar kualifikasi pada industri cyber security.

BACA JUGA: Penuhi Standar Dunia, BOLDe Kantongi 3 Sertifikat ISO

Dengan adanya dua sertifikasi itu, MTM memiliki kepastian standar mutu dalam layanan dan jasa kepada pelanggan.

"Selain itu ada kepastian bawa standar mutu akan tetap terjaga," kata Nurul Kowim, dalam keterangannya, Selasa (14/3).

BACA JUGA: Direktorat KPLP Berhasil Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Menurut Nurul Kowim, persyaratan standardisasi ini sangat ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga melalui tahapan yang cukup panjang.

Dalam proses standarisasi ISO, MTM telah melalui sejumlah tahapan, mulai dari sosialissi pada karyawan hingga memastikan seluruh standar operasional prosedur (SOP) yang sudah dibuat dijalankan dengan tertib.

BACA JUGA: Mitigasi Bencana, Pupuk Kaltim Implementasikan BCMS Berbasis ISO 22301:2019

Sementara itu, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Intan Rahayu menjelaskan ISO 9001:2015 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu.

"Standar ini menyediakan panduan untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif dan memastikan bahwa organisasi terus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diterima oleh pelanggan," ujarnya.

ISO/IEC 27001:2013 adalah standar internasional untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini menyediakan panduan untuk mengimplementasikan sistem keamanan informasi yang efektif dan memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan, disimpan, dan diteruskan oleh organisasi terlindungi dari kerugian atau kerusakan.

Intan Rahayu menuturkan pada 2023, ada 6 tren keamanan siber yang akan muncul, yaitu privasi dan tekanan yang lebih besar, zero trust menggantikan VPN, deteksi ancaman serta tools respons menjadi mainstream.

"Kemudian, peningkatan permintaan manajemen risiko dari pihak ketika, banyak organisasi yang akan melakukan outsourcing cybersecurity dan asuransi keamanan siber" jelasnya.

Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) didukung dengan tim yang berpengalaman dan profesional serta telah bersertifikasi global dalam bidang ICT, Network Management & sistem keamanan.

MTM hadir sebagai solusi komprehensif untuk menjalankan satu ecosystem dalam mengatur, mengoperasikan, memonitor serta menjaga sistem ICT. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler