Kapal Celaka, DPR Bakal Cecar Menhub

Minggu, 30 September 2012 – 13:22 WIB
JAKARTA -- Komisi V DPR yang membidangi perhubungan akan memanggil sejumlah pihak terkait serangkaian kecelakaan kapal yang terjadi akhir-akhir ini. Menurut Anggota Komisi V DPR, Arwani Thomafi, pemanggilan kepada pihak-pihak terkait itu dianggap perlu untuk menjelaskan masih adanya kecelakaan di laut yang diduga akibat kelalaian.

Arwani menyebut, pihak yang akan dipanggil untuk dimintai keterangan oleh Komisi V DPR antara lain Menteri Perhubungan (Menhub), Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), PT Jasa Raharja.

"Ini (pemanggilan) untuk mendalami terkait nasib transportasi nasional kita yang dalam minggu-minggu ini telah terjadi beberapa kecelakaan, terutama kecelakaan kapal laut Rabu depan (ini)," kata Arwani di Jakarta, Minggu (30/9).

Seperti diketahui, Rabu (25/9) lalu terjadi tabrakan antara KMP Bahuga Jaya dan MT Norgas Cathinka, di Selat Sunda. Insiden itu menelan setidaknya delapan korban jiwa.

Anggota Komisi V DPR, Umar Arsal, memertanyakan sertifikasi kapal-kapal yang beroperasi di Indonesia. Ia curiga proses sertifikasi tidak dilakukan sewajarnya.

"Sertifikasi kapal kita pertanyakan. Ini terindikasi tak memeriksa secara serius," katanya.(boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kubu Jokowi Gertak Timses Foke-Nara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler