Kapal TNI Terbakar, Istri Bupati Hilang

Jumat, 21 Mei 2010 – 08:39 WIB

ANAMBAS - Kapal patroli keamanan laut (Patkamla) Tambelan milik Lanal Tarempa yang mengangkut 22 orang rombongan istri Pj Bupati Anambas, terbakar dan tenggelam, Kamis (20/5)Sebanyak 19 orang selamat dan 3 lainnya, termasuk istri Pj Bupati Anambas, Mauly Yulianti, dinyatakan hilang.

Musibah ini berawal dari rencana anggota PKK Anambas yang akan melakukan kunjungan ke Kecamatan Jemaja, Anambas, Kamis (20/5)

BACA JUGA: Hari Ini Golkar Tetapkan Cagub Sulut

Selain anggota PKK, 4 anggota Lanal Tarempa dan beberapa pegawai Pemkab Anambas ikut dalam rombongan ini.

Rombongan berangkat dari pelabuhan Pemkab Anambas di Tarempa sekitar pukul 08.40 WIB
Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 mil dari Tarempa, salah satu mesin tempel kapal berkekuatan 200 PK itu mendadak mati.

Saat itulah, kepala kapal mesin (KKM) dari anggota Lanal Tarempa, Ananto, mencoba melakukan perbaikan dengan mengganti filter mesin dan memompa minyak

BACA JUGA: Kemdagri Kantongi Tiga Nama Calon Sekda NTB

Namun, menurut sejumlah saksi, tiba-tiba tangki bahan bakar meledak akibat korsleting aki
Saat itu juga, api langsung berkobar di ruang kapal

BACA JUGA: Hasan Tiro Ikut Disensus

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.20 WIB.

Masih menurut keterangan saksi, saat itu juga seluruh penumpang kapal mencoba menyelamatkan diri dengan terjun ke lautMereka bahkan tak sempat memakai life jacket karena api langsung membesarPara penumpang ada yang mencoba berenang ada juga yang memakai jirigen sebagai pelampungSekitar 30 menit mereka terapung di tengah lautan.

Tak lama kemudian, sejumlah kapal nelayan yang kebetulan melintas mencoba menolong para korbanMereka juga membantu memadamkan api di dalam kapal dan memastikan tidak ada lagi penumpang yang tertinggal di dalam kapalSetelah api padam, tiba-tiba tangki kapal kembali meledakLedakan kedua ini lebih besar dari ledakan yang pertamaSehingga kapal patah dan langsung tenggelam.

"Kami panik, dan tidak tahu harus berbuat apa," kata Idik Wibawa, salah satu staf Humas Pemkab Anambas yang ikut dalam rombongan.

Menurut Idik, saat kejadian dirinya tidak melihat secara pasti di mana posisi istri Bupati Anambas, Mauly YuliantiNamun ia memastikan, saat berangkat Mauly Yulianti duduk di kursi nomor 4, di sisi kiri depan.

Tak lama kemudian sejumlah bantuan didatangkanMulai dari kapal puskemas keliling, tim SAR, kapal KRI Matacora dan sejumlah kapal lainnyaSejumlah korban yang selamat langsung dilarikan ke Puskesmas Tarempa dan sejumlah pasien yang mengalami luka bakar cukup parah dirujuk ke RSUD Tanjungpinang.

Plt Kepala Puskesmas Tarempa, Dr Indah S, mengatakan dari 19 orang yang dirawat di Puskesmas 5 di antaranya dirujuk ke RSUD Tanjung PinangYakni Tajri, Rahayu, Baharudin Thalib, Isye Kurnia dan Lia RosimaKelima korban mengalami luka bakar cukup parahTiga di antaranya juga mengalami patah tulang.

"Di sini tak ada peralatan yang memadaiJadi kami langsung memberi rujukan ke Tanjungpinang," kata Dr Indah.


Istri Bupati Belum Ditemukan

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 3 orang masih dinyatakan hilang, termasuk istri pejabat Bupati Anambas Yusrizal, Mauly YuliantyDua korban hilang lainnya adalah Serka Suhartono (anggota Lanal Tarempa) dan Yudha, staf Humas Pemda Anambas.

Upaya penuh sudah dilakukan seluruh instansi yang membantu melakukan pencarianLanal Tarempa sendiri menurunkan Tim SAR dari KRI Matacora, Kapal KAL dan satu unit kapal patroli.

Pemkab Anambas juga menurunkan tim pencari melalui sejumlah kapal pemerintahSeperti kapal puskesmas keliling (Puskel), Kapal Hiu milik DKP, sejumlah speed dan lain sebagainyaBantuan juga datang dari PT Conoco Philips dengan menurunkan dua kapal Tug Boat dan satu unit pesawat HelikopterSelain itu, sejumlah kapal nelayan juga turut membantu melakukan pencarian.

Namun hingga hari menjelang petang, upaya pencarian atas tiga korban hilang ini belum juga membuahkan hasil.

Yusrizal sendiri sempat ikut langsung dalam proses pencarian dengan menaiki speed boatNamun saat tiba di lokasi kejadian, tepatnya di perairan Pulau Lingai Kecamatan Siantan, Yusrizal pindah ke Kapal KRI MatacoraKesedihan jelas terlihat di wajah YusrizalBahkan pria paruh baya ini tak mau bicara sepatah katapun.

Terpisah, Kabag Umum Pemkab Anambas, Andery Ikhsan Lubis mengatakan, rombongan PKK Anambas ini terpaksa meminjam kapal Lanal karena kapal yang biasa dipakai pemerintah sedang rusakSebelumnya, lanjut Andrey, pemerintah sudah sering meminjam kapal ini untuk dukungan kegiatan di luar Tarempa.

"Kita sudah sering pinjam kapal ini (Kapal Patkamla Tambelan)," kata Andrey, kemarin.

Menurut Andrey, sebelum rombongan berangkat, dirinya sempat mengecek kondisi mesin Kapal Patkamla TambelanSaat itu, kata Andrey, kondisi mesin dan fisik kapal masih sangat baik.

Sebelumnya, anggota PKK Anambas juga telah memberikan bantuan ke sejumlah kecamatanDi antaranya ke Kecamatan Siantan Selatan, Siantan Tengah dan Siantan Timur.

Sementara itu, dari pihak Lanal Tarempa sendiri belum mau memberikan keterangan terkait insiden terbakarnya kapal Patkamla ituKepada para wartawan, anggota Lanal Tarempa hanya menyampaikan bahwa Komandal Lanal Tarempa sedang berada di luar kota, sehingga belum bisa memberikan penjelasan apapun.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah Tim SAR masih terus melakukan upaya pencarianNamun berdasarkan pantauan Batam Pos, upaya pencarian hanya dilakukan dengan menyisiri perairan di sekitar lokasi kejadianPetugas dari Tim SAR tidak melakukan pencarian dengan menyelam karena alasan kedalaman laut yang mencapai sekitar 60 meter(par)

Daftar Nama-nama Korban

Korban Hilang:

1Mauly Yulianti                       Istri Bupati Anambas
2Yudha                                   Staf Humas Pemkab Anambas
3Serka Suhartono                Anggota Lanal Tarempa

Korban Selamat
1Dr Tajri                                 Dinkes Anambas
2Ny Rahayu                           Pegawai Dinkes Anambas
3Ny Baharudin Thalib          Istri Kadis Pariwisata
4Ny Isye Kurnia                     Anggota PKK
5Ny Lia Rosima                   Staf Bagian Umum Pemkab

(Kelima korban dirujuk ke RSUD Tanjungpinang)

6Catur                                    Anggota Lanal Tarempa
7Ny Purwaningsing            Anggota PKK
8Budi Prawito                      Anggota Lanal Tarempa
9Septi Puspita Sari            Staf Bagian Umum Pemkab
10Ny Srianti                         Istri Anggota Polsek Sianta
11Ananto                             Anggota Lanal Tarempa

(Dirawat inap di Puskesmas Tarempa)

12Ny Sigit Agustin              Anggota PKK
13Juntrizaldi                        Pegawai Dinkes Anambas
14Nanang                            Anggota Satpol PP
15Efmaliza                          Staf Bagian Umum Pemkab
16Ari Fanto                          Staf Bagian Umum Pemkab
17Idik Wibawa                    Staf Humas Pemkab
18Yuri Destarius                Pegawai Dinkes Anambas
19M Ridwantara                 Anggota Satpol PP

(Rawat jalan di Puskesmas Tarempa)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pamer Helikopter, Syahrul Jarang Gunakan Mobil Dinas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler