Kapan Ibu Ani Operasi Transplantasi Sumsum Tulang Belakang?

Jumat, 08 Maret 2019 – 07:38 WIB
Bu Ani Yudhoyono dan Pak SBY. Foto: diambil dari Instagram agusyudhoyono

jpnn.com, JAKARTA - Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono (SBY) masih menjalani perawatan dari tim dokter di Nasional University of Hospital, Singapura. Dalam pengobatan kanker sarah yang dideritanya, Ani membutuhkan donor sumsum tulang belakang. Dia pun sudah mendapatkan donor yang cocok.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, kondisi Ani semakin membaik. Berbagai penanganan kesehatan masih terus dilakukan.

BACA JUGA: Waspada Leukemia Bisa Menyerang Tiba - Tiba

Dia juga terus melakukan komunikasi dengan kolega dan keluarga SBY. Kabar terbaru, kata dia, ibu negara presiden ke-6 itu sudah mendapatkan donor sumsum tulang yang sesuai.

Menurutnya, donor sumsum tulang belakang yang cocok ternyata bukan karena orang luar, tapi berasal dari keluarganya sendiri. Yaitu, sang adik kandung, Jenderal (Purn) TNI Pramono Edhie Wibowo, mantan kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD). “Ternyata sangat cocok dan memenuhi syarat untuk jadi donor Ibu Ani,” terang dia kepada Jawa Pos.

BACA JUGA: AHY Sebaiknya Jadi Plt Ketum Demokrat Gantikan SBY

BACA JUGA: Waspada Leukemia Bisa Menyerang Tiba - Tiba

Terkait kapan dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang, Jansen mengatakan, pihaknya belum tahu kapan tindakan medis itu dilakukan. Menurut dia, waktu transplantsi belum ditetapkan.

BACA JUGA: Doakan Bu Ani Sembuh dari Kanker Darah, Kiai Maruf Utus Siti Marifah

“Belum dalam waktu dekat ini,” ucap dia. Saat ini, ungkapnya, masih dalam tahap persiapan saja. Jika donor itu jadi, maka akan dilakukan transplantasi sumsum tulang.

Alumnus fakultas hukum Universitas Airlangga (Unair) itu menyatakan, terkait teknis tindakan medis, dia tidak bisa menjelaskannya secara detail. Sebab, itu merupakan ranah tim dokter di Nasional University of Hospital. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim dokter yang sudah berupaya keras melakukan perawatan.

Jansen mengajak semua pihak menunggu perkembangan penanganan kesehatan yang dilakukan dokter. Dia meminta kepada masyarakat Indonesa untuk mendoakan Ani agar segera diberi kesembuhan. “Segala proses pengobatan di Singapura dilancarkan,” papar calon anggota legislatif (Caleg) dari daerah pemilihan Sumatera Utara itu.

Semakin hari, kesehatan Ani terus membaik. Empat hari lalu, Ani masih sempat mengunggah foto di akun Instagramnya. Ada sepuluh foto yang diunggah. Mulai foto bersama SBY yang saling merangkul, sedang berjalan, dan berpegangan tangan.

Di foto yang lain, Ani juga terlihat menyapa cucunya lewat kaca pintu. ”Exercise merupakan salah satu cara untuk mendaptkan energi diri. Dekat-dekat dulu, insha Allah makin lama makin jauh. Semua buth kesabaran,” bunyi pesan yang diunggah.

BACA JUGA: Doakan Bu Ani Sembuh dari Kanker Darah, Kiai Ma'ruf Utus Siti Ma'rifah

Sementara itu, Pramono Edhi Wibowo belum bisa dihubungi terkait kesediannya mendonorkan sumsum tulang belakang kepada kakaknya, Ani Yudhoyono. Sambungan telpon dari Jawa Pos tidak direspons.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, pengurus partai masih terus menunggu perkembangan kesehatan Ani. Doa tidak henti-hentinya dipanjatkan agar istri ketua umum Partai Demokrat itu segera diberi kesembuhan. Para kader bergantian menggelar doa bersama. “Nanti kami akan kabari perkembangan kesehatan Bu Ani,” tutur dia. (lum)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi: Saya Sengaja Luangkan Waktu Jenguk Bu Ani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler