Kapan Saat Terbaik Anda Minum Air Putih?

Senin, 12 Oktober 2015 – 15:32 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Air merupakan salah satu sumber kehidupan terpenting bagi semua makhluk hidup. Air tidak bisa lepas dari kita semua, dimana sebagian besar di dalam tubuh kita mengandung air.

Mekipun begitu, terkadang kita kurang begitu peduli akan kebutuhan air untuk tubuh kita. Sehingga, kita baru menyadarinya saat tubuh kita mulai merasa lemah, tidak semangat, sering capek dan lain-lain. Kita baru bisa menyadarinya ketika dehidrasi itu datang.

BACA JUGA: Cara Alami Tetap Bersih Tanpa Mandi

Tahukah Anda, jika air putih itu memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Salah satunya, faktor yang paling penting adalah sebagai penetralisir racun-racun yang mengendap atau tidak larut di dalam tubuh kita.

Minum air putih akan sangat bermanfaat jika dilakukan pada waktu-waktu berikut ini, seperti dilansir laman India Times, Minggu (11/10).

BACA JUGA: Bulu Macan yang Menggegerkan dan Menambah Wibawa

1. Minum 1-2 gelas segera setelah Anda bangun agar sistem tubuh Anda bekerja kembali

Minum air putih setiap Anda bangun tidur akan menghapus semua racun keluar dari sistem Anda dan organ-organ Anda bergerak. Anda bisa menambahkan rasa seperti lemon, madu dan kayu manis dengan air jika Anda suka.

BACA JUGA: Yuk, Rutin Lakukan Ini Agar Lebih Wow!

2. Minum 1 gelas air setengah jam sebelum makan untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Hal ini akan menghilangkan rasa lapar sehingga Anda makan sedikit pada waktu makan. Hal ini juga mempersiapkan perut Anda untuk makanan yang akan datang.

3. Jangan minum air setelah makan karena mencairkan cairan pencernaan

Hindari minum air satu jam setelah makan karena ini melemahkan cairan pencernaan Anda.

4. Minum air ketika Anda merasa lapar untuk mencegah ngemil.

Sinyal tubuh untuk kelaparan yang sangat mirip dengan yang untuk haus, jadi hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda merasa lapar adalah minum air.

5. Minum segelas air ketika Anda merasa lelah

Karena 75 persen dari otak Anda terdiri dari air maka air minum membantu otak berfungsi lebih baik. Minum segelas air jika Anda merasa lelah di tempat kerja atau jika Anda memiliki presentasi besar dan harus fokus.

6. Minum banyak air sebelum dan setelah Anda berolahraga

Sangat penting bahwa Anda terhidrasi ketika Anda berolahraga, karena tubuh Anda membutuhkan air untuk mengangkut nutrisi yang diperlukan untuk otot-otot Anda. Minum banyak air sebelum Anda mulai dan setelah Anda selesai berolahraga. Air juga mencegah kelelahan.
 

7. Minum air jika Anda sakit atau jika Anda sedang hamil atau menyusui

Minum air ketika Anda sedang sakit akan membantu menyembuhkan tubuh Anda sendiri lebih cepat. Wanita hamil dan menyusui memerlukan lebih banyak air dari biasanya, sekitar 10 gelas per hari dianjurkan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Pejabat TNI AL Agar Hidup Sehat dan Berkualitas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler