Kapolda Baru Diminta Amankan Pemilu

Rabu, 28 November 2012 – 23:09 WIB
JAKARTA – Kapolri Jenderal Timur Pradopo melantik empat Kapolda dan Kadiv Propam Polri, Rabu (28/11) di Rupatama Mabes Polri. Pelantikan ini berdasarkan Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/23/0/XI/2012 tanggal 23 November 2012.       

Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Unggung Cahyono diganti Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto. Brigjen Tugas Dwi sebelumnya menjabat sebagai Asdep Koord Penegakan Hukum di Kemenkopolhukam. Unggung kemudian bertugas sebagai Komandan Korps Brimob Polri.

Lapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur diganti oleh Irjen Pol Iskandar Hasan. Iskandar yang sebelumnya Kapolda Aceh, digantikan Irjen Pol Herman Effendi. Jabatan Kadiv Propam Polri yang ditinggal Herman Effendi diisi Brigjen Pol Syafruddin. Posisi Syafruddin sebagai Kapolda Kalimantan Selatan diisi Brigjen Taufik Ansorie.     

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan, pergantian pejabat Polri ini tentunya mempunyai nilai yang memang harus diwujudkan dalam operasi di lapangan. “Karena tahun 2013 sudah memasuki tahun pesta demokrasi. Dimulai dari pemilu anggota legislatif DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” katanya.      

Dia mengatakan, di samping pesta demokrasi pemilihan anggota legislatif, juga ada kegiatan pemilukada baik untuk gubernur, wali kota dan bupati di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan, nanti akan dilanjutkan pemilihan presiden pada 2014.      

Karenanya, Kapolri mengatakan, untuk pengamanan 2013-2014 itu, sebagai kepala satuan kewilayahan Kapolda harus betul-betul mumpuni melakukan pengendalian di lapangan. “Saya kira itu harus dipersiapkan bersama, supaya kepala satuan wilayah bisa melaksanakan tugas yang dengan beban tinggi khususnya pemilukada, legislatif dan presiden,” kata Timur.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga mengimbau kepada seluruh jajaran kepolisian untuk terus memberantas teroris, korupsi, tindakan anarkis, narkotika dan lainnya. “Ini harus terus menjadi perhatian,” pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DKPP Copot Ketua dan Anggota KPU Lumajang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler