Kapolda Jatim yang Baru Langsung Tancap Gas, Mantap!

Kamis, 03 Desember 2020 – 22:22 WIB
Irjen Pol Dr Nico Afinta. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAWA TIMUR - Irjen Pol Dr Nico Afinta baru beberapa hari dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, menjadi Kapolda Jawa Timur yang baru. 

Meski begitu, Irjen Nico tak membuang-buang waktu.

BACA JUGA: Irjen Nico Afinta jadi Kapolda Jatim, Prestasinya Fenomenal, Rekor

Buktinya, dia langsung tancap gas melakukan silaturahmi terlebih dahulu dengan sejumlah tokoh masyarakat dan para ulama di Jawa Timur.  

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan, langkah cepat Irjen Nico sangat baik.

BACA JUGA: Nilai Kelakuan Maia Estianty, Anang Hermansyah: Dia Lahir Harusnya Laki, Bukan Perempuan

Apalagi, Irjen Nico dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dalam beberapa hari terakhir tampak kompak.

Irjen Nico diketahui juga akan terus kelliling untuk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan para ulama Jawa Timur lainnya.

BACA JUGA: Kenali Gejala Long Covid-19, Mulai dari Kelelahan Hingga Depresi

Menurut Edi, salah satu yang ditemui Kapolda adalah para ulama yang tergabung dalam Aliansi Ulama Madura (AUMA) dan Aliansi Ulama Tapal Kuda (Autada) di kediaman Kiai Ali Badri di Surabaya.

"Saya kira langkah cepat Kapolda Nico Afinta yang lahir dan besar di Kediri ini, banyak diapresiasi masyarakat," ujar Edi dalam keterangannya, Kamis (3/12).

Pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini memuji langkah Irjen Nico, karena dari hasil pengamatan selama ini, kapolda selalu sukses melaksanakan tugas, ketika didukung semua elemen masyarakat.

Karena itu, silaturahmi merupakan salah satu kunci utama yang sangat penting untuk senantiasa diperhatikan.  

"Kami melihat, sikap kapolda Jatim juga cepat dalam merespons berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Mantan kapolda Kalsel itu juga siang malam melakukan silaturahmi dengan berbagai pihak, dengan harapan kamtibmas di wilayah Jatim selalu kondusif menjelang Pilkada serentak 2020 ini," ucapnya.  

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini pun membeberkan catatan yang dimiliki Lemkapi terkait rekam jejak Irjen Nico.

Antara lain, memiliki prestasi yang cukup dibanggakan, termasuk ketika mantan Direktur Pidana Umum Bareskrim Polri itu dipercaya menjadi Kapolrestabes Medan dan Kapolda Kalsel.

"Saat menjabat Kapoltabes di Medan, wilayah itu aman. Nico juga dikenal tegas dan sangat dekat dengan tokoh masyarakat, serta ulama di wilayah di mana dia bertugas," pungkas Edi.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler