Kapolri Cup Badminton Championships 2024 Siap Digelar, Jenderal Listyo Sigit Ikut Bertanding

Kamis, 18 Juli 2024 – 19:07 WIB
Acara konferensi Kapolri Cup Badminton Championships 2024 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/7/2024). Foto: X/@INABadminton

jpnn.com - Turnamen bulu tangkis bertajuk Kapolri Cup Badminton Championships 2024 untuk kali pertama digelar. 

Ajang ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 dengan bertemakan ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’

BACA JUGA: Bamsoet Raih Juara 2 di Kejuaraan Menembak Kapolri Cup 2023

Ketua Panitia Kapolri Cup Badminton Championships 2024, Karopal Slog Polri, Irman Sugema mengungkapkan bahwa Kapolri Cup Badminton Championships 2024 merupakan ajang pembibitan pebulu tangkis muda. 

Diharapkan turnamen ini menjadi wadah pemain-pemain muda mengembangkan potensinya sebelum naik ke kancah nasional maupun internasional.

BACA JUGA: LPDUK Dukung Penyediaan Sistem Online Kejuaraan Menembak Kapolri Cup 2020

“Kami dari panitia mendukung dan mendorong untuk mencari bibit pemain muda yang nantinya diharapkan berprestasi menuju Indonesia Emas," kata Irman dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/7/2024).

Kapolri Cup Badminton Championships 2024 didukung penuh induk ogansasi bulu tangkis Indonesia, PBSI.

BACA JUGA: Kapolri Cup 2020 Diharapkan Jadi Ajang Pencarian Bibit Atlet Menembak Profesional

Adanya kolaborasi antara PBSI dan Kapolri diharapkan membuat turnamen ini melahirkan bintang-bintang baru.

Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno mengungkapkan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 mempertandingkan kategori umum mulai dari U-15, U-17, dan U-19.

Ada juga kelas Polri dengan 64 regu dari satuan kerja yang bertanding dengan sistem beregu dari sektor ganda putra.

"Sebanyak 480 peserta untuk kategori U15, U17, dan U19 akan ikut serta. Dari Polri sebanyak 64 regu dari Satker Mabes dan Jajaran juga turut serta," ujar Edi. 

"Untuk Polri hanya akan mempertandingkan sektor ganda putra. Adapun untuk umum dipertandingkan lima sektor, mulai dari tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan campuran," Edi menambahkan.

Untuk kategori umum, Kapolri Cup Badminton Championships 2024 tetap menyajikan persaingan menar karena menyediakan poin nasional serta hadiah uang pembinaan dan penghargaan berupa sertifikat serta medali.

Rencananya Kapolri Cup Badminton Championships 2024 cabang olahraga bulu tangkis akan digelar di GOR Universitas Negeri Jakarta dan GOR Pulogadung, Jakarta Timur, mulai Senin (22/7/2024).

Turnamen ini akan dibuka langsung oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Pria kelahiran 5 Mei 1969 itu juga turut bertanding bulu tangkis dalam pertandingan ekshibisi.

Menarik ditunggu Kapolri Cup Badminton Championships 2024 yang rencananya akan rutin digelar dan masuk agenda kalender PBSI.

Edi berharap dengan dukungan penuh semua pihak, Kapolri Cup Badminton Championships 2024 bisa terselenggara dengan baik. 

"Kami berharap Kapolri Cup Badminton Championships 2024 bisa terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya, sehingga bisa menjadi kalender tetap dari PBSI setelah memenuhi sejumlah persyaratan," ujar Edi.(pbsi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler