Kapolri Jenderal Listyo Sigit Minta Seluruh Kapolda Tiru Aksi Ini

Kamis, 29 Juli 2021 – 12:30 WIB
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/7). (Dok Humas Polri)

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (29/7).

Kegiatan itu merupakan kerja sama antara PP Muhammadiyah, Polri, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Perintah Terbaru dari Jenderal Listyo Sigit, Ada Info Soal Rizieq, Tanpa Sungkan Sebut Luhut

Dengan adanya kegiatan itu, Kapolri meyakini herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona bisa segera terwujud.

"Alhamdulillah, kerja sama ini sudah berlangsung lama, sudah ada 20 sampai 27 kegiatan di kurang lebih 20 wilayah," ungkap Jenderal Sigit melalui siaran persnya, Kamis (29/7).

BACA JUGA: A Sempat Mengasah Parang Sebelum Menghabisi Ketua MUI Secara Sadis, Ini Motifnya

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kantor PP Muhammadiyah diselenggarakan pada 28 dan 29 Juli 2021. Targetnya adalah keluarga besar Muhammadiyah dan masyarakat umum sebanyak 1.000 orang, atau 500 orang per hari.

Jenderal Sigit juga akan menginstruksikan seluruh kapolda untuk melakukan hal serupa guna mempercepat program vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA: Kalimat Tegas Luhut Panjaitan kepada Wamenkes Dante: Jangan Sampai Ini Gagal

"Nanti saya juga minta seluruh kapolda untuk melakukan kerja sama seluruh rekan Muhammadiyah di seluruh wilayah. Sehingga terbentuk kekuatan dalam rangka sinergi laksanakan percepatan terhadap vaksinasi," ujar Sigit.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, selain tersebar di seluruh Indonesia, Muhammadiyah juga memiliki tenaga kesehatan yang mumpuni. Sehingga tenaganya bisa dikerjasamakan sebagai vaksinator.

"Alhamdulillah kami senang karena Muhammadiyah memiliki banyak tenaga kesehatan yang tentunya bisa kami kerja samakan dalam rangka percepatan vaksin," ucap Sigit.

Eks Kapolda Banten itu menegaskan, dalam rangka mempercepat vaksinasi demi membentuk herd immunity, diperlukan adanya kerja sama atau sinergi dengan seluruh organisasi masyarakat, kepemudaan, dan seluruh elemen masyarakat.

Oleh sebab itu, Sigit mengapresiasi PP Muhammadiyah yang telah mau terlibat aktif dalam rangka mewujudkan target percepatan vaksinasi di Indonesia.

"Dalam rangka mewujudkan herd immunity ini tentunya akan bisa berjalan dengan lebih baik apabila seluruh elemen ormas, organisasi kepemudaan bisa ikut terlibat," ucapnya.

BACA JUGA: Polisi Pukul Warga di Nabire, AKBP Kariawan Langsung Turun Tangan

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan kerja sama vaksinasi bersama Polri sudah dilaksanakan di lebih dari 20 provinsi di Indonesia.

"Kami tentu sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Polri kepada Muhammadiyah, khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi di PP Muhammadiyah ini," kata Mu'ti.

Kegiatan vaksinasi itu telah melibatkan 76 Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah. Program itu juga didukung kegiatan lain seperti penyuluhan kesehatan dan layanan konsultasi psikologi serta ketahanan mental serta spiritual.

"Mudah-mudahan kerja sama ini dapat ditingkatkan. Tim bertugas ini dari aliansi RS Islam Jakarta. Kami dapat info yang vaksinasi dapat bantuan dari Pak Kapolri, beras dua ton yang nanti kami sampaikan ke peserta," kata dia. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler