Kapolri: Kenapa Ini Jadi Persoalan

Rabu, 17 Juni 2015 – 19:57 WIB
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti meminta masyarakat untuk tidak membesar-besarkan persoalan perwira tinggi Polri aktif yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Dia mempertanyakan, mengapa perwira tinggi Polri minta izin mendaftarkan diri sebagai capim KPK diributkan.

BACA JUGA: 828 Km Jalur Pantura tak Dilengkapi Drainase Memadai

"Kenapa ini menjadi persoalan di media? Orang minta izin ke Polri, minta izin atau tidak, tidak ada masalah," kata Badrodin di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut dia, pati Polri yang mendaftarkan diri sebagai capim lembaga antirasuah itu merupakan urusan pribadi, bukan institusi. 

BACA JUGA: Kejaksaan tak Gegabah Usulkan Nama Capim KPK

Dia menegaskan, pati Polri aktif yang meminta izin mendaftar boleh-boleh saja. Menurutnya,  Polri tidak pernah mendaftarkan pati-patinya sebagai capim KPK kepada panitia seleksi. 

"Saya sudah berkali-kali mengatakan urusan mendaftar itu urusan pribadi. Kita hanya mendorong saja, bukan kami yang mendaftarkan," kata Badrodin.

BACA JUGA: Pemberhentian Petahana tak Boleh Lewat Masa Pendaftaran Calon

Dia pun mempertanyakan jika ada pihak-pihak yang menggap pati-pati Polri yang mendaftar itu mewakili institusi. "Berkali-kali saya katakan ini bukan perwakilan institusi," ungkapnya.

Polri, tegas dia, hanya memberikan dorongan kepada orang yang dianggap punya kemampuan, bisa bekerjasama dalam penegakan hukum yang baik. "Itu yang saya katakan merekomendasikan kepada yang bersangkutan, bukan merekomendasikan kepada pansel, tidak," jelasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Reshuffle? Ini Jawaban Menteri Yuddy


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler