Kapolri Perintahkan Kapolda Metro Jaya Usut Tuntas Pelemparan Bus Persis

Rabu, 01 Februari 2023 – 15:38 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA/HO-Humas Polri)

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengusut tuntas kasus pelemparan bus yang ditumpangi pemain Persis Surakarta.

Kasus pelemparan itu terjadi seusai Persis Surakarta bertanding dengan Persita Tangerang, Sabtu (28/1).

BACA JUGA: Kapolri Berikan Pin Emas Untuk Tim Dewa Ruci yang Ungkap 1,2 Ton Sabu-Sabu

"Kami sudah perintahkan ke Kapolda Metro untuk usut tuntas," kata Kapolri Jenderal Listyo seusai penutupan kursus manajemen pengamanan stadion di Aula Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/2).

Jenderal bintang empat itu menyebut saat ini sudah ada tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pelemparan bus tersebut.

BACA JUGA: Hati-Hati Ada Pelemparan Batu di Tol Semarang-Solo

Kapolri Jenderal Listyo mmeinta sudah pengusutan kasus itu dituntaskan supaya tidak terjadi lagi aksi serupa.

"Saya minta untuk terus dituntaskan karena kami tidak ingin ke depan masih ada lagi terjadi aksi-aksi seperti itu," ungkap mantan Kapolda Banten itu.

BACA JUGA: Persis Solo Belum Terkalahkan di Lima Laga Terakhir, Begini Komentar Medina

Kapolri mengimbau semua pihak, termasuk para koordinator suporter dan klub, untuk sama-sama menjaga iklim kondusif dalam penyelenggaraan sepak bola di tanah air.

"Kalau kita ingin maju, ini perlu kesadaran kita bersama. Mari kita jaga bersama-sama dan tentunya perlu transformasi semua pihak," ungkap Jenderal Listyo.

Kapolri menambahkan bahwa Polri tidak hanya fokus pada pengamanan stadion, tetapi juga melakukan pengawalan dan pengamanan pemain dari tempat pemberangkatan hingga ke tempat pertandingan serta kembali lagi ke tempat asal.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, pengamanan para pemain dan penonton menjadi tantangan yang akan terus dievaluasi agar berjalan dengan baik.

Untuk  memastikan pengamanan tersebut, dia mengimbau para manajer, pimpinan klub sepak bola, serta pimpinan suporter untuk memberikan edukasi kepada para pendukung agar menjaga keamanan dan keselamatan dalam pertandingan. 

"Dengan begitu, kita semua bisa mempersiapkan diri dengan baik. Jadi, hal-hal yang lama harus ditinggalkan. Tentunya hal-hal yang seperti itu, (pelemparan) apalagi yang bersifat anarkis, merusak, dan sebagainya kami, Polri, akan mengambil tindakan tegas," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Peristiwa penyerangan dan perusakan kepada bus berisi pemain Persis Surakarta itu terjadi pada Sabtu (28/1).

Polisi menyebut penyerangan tersebut telah direncanakan sebelumnya, dengan alasan sebagai aksi balas dendam dari Persita Tangerang terhadap Persis Surakarta terkait insiden tidak menyenangkan yang terjadi di Surakarta saat Piala Presiden 2022 lalu. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler