Karet-Sawit Anjlok, Urung Kawin

Sabtu, 01 September 2012 – 11:50 WIB
SUNGAI LILIN - Jatuhnya harga jual sejumlah komoditas perkebunan seperti karet dan sawit ternyata berbanding lurus dengan angka perkawinan. Sejumlah pasangan di
Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin terpaksa mengurungkan niat ke pelaminan karena alasan tersebut.

"Dua bulan terakhir harga karet,sawit benar-benar jatuh, bahkan para saja harganya anjlok benar. Untuk menikahkan bukan sekedar mencatat perkawinan, butuh biaya besar untuk pesta dan lain-lain, sementara uang tidak ada jadi banyak yang menunda pernikahan," ujar Kepala KUA Kecamatan Sungai Lilin Maulana SAg kepada Sumatera
Ekspres (Grup JPNN).   

Berdasarkan catatan pihak KUA angka perkawinan jarang sekali di bawah 90 peristiwa. Pada Januari 2012 tercatat 99 peristiwa perkawinan, Februari 81 peristiwa, Maret 110 perkawinan, April sebanyak 100, Mei tercatat 107 peristiwa, Juni sebanyak 92 perkawinan.

Nah dua bulan terakhir saat harga komoditas perkebunan anjlok terjadi penurunan drastis angka perkawinan. Juli tercatat 76 peristiwa, dan Agustus saat harga mencapai titik nadir angka juga anjlok hingga hanya 35 peristiwa perkawinan.

"Padahal biasanya puasa dan lebaran tidak mempengaruhi jumlah perkawinan, bahkan setelah lebaran biasanya banyak perkawinan tapi sekarang hingga akhir agustus tidak terjadi. Mungkin orang lebih fokus bayar utang Bank sama kebutuhan hidup daripada kawin atau menikahkan anaknya," kata Maulana.

Sementara untuk angka perceraian di Kecamatan Sungai Lilin ternyata cukup tinggi dibandingkan Kecamatan lain di Kabupaten Musi Banyuasin. Data KUA Sungai Lilin, hingga akhir Agustus 2012 terjadi 55 kasus dimana 15 kasus diantaranya berhasil didamaikan.

"Penyebabnya ya itu, karena di Sungai Lilin banyak pendatang yang kesini bekerja. Mereka datang sistem kontrak, begitu kontrak habis mereka pulang meninggalkan istrinya yang umumnya warga sini, sebagai langkah antisipasi kita tidak lagi melayani orang yang mau nikah tanpa KTP dan KK yang jelas," tandasnya.(Kur)
BACA ARTIKEL LAINNYA... IBSW Serahkan Bukti Pendukung Kasus Dugaan Korupsi Bupati Kolaka

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler