Karhutla di OKI Memburuk, AKBP Dili Cepat Kirim Tambahan Personel ke Lokasi

Rabu, 13 September 2023 – 18:14 WIB
Petugas kepolisian memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Foto: Antara/Istimewa

jpnn.com, OGAN KOMERING ILIR - Polres Ogan Komering Ilir (OKI) akan mengerahkan lebih banyak personel untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terus meluas di daerah tersebut.

Penambahan ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) menaikan status dari siaga menjadi tanggap darurat bencana karhutla.

BACA JUGA: Pemkab OKI Berlakukan Status Tanggap Darurat Karhutla

"Puluhan personel ini akan di tempatkan di tiap titik lahan yang terbakar," ujar Kapolres OKI AKBP Dili Yanto saat ditemui usai mengikuti rapat Operasi Stop Karhutla Musi 2023 di Polda Sumsel, Rabu (13/9).

"Para personel ini juga akan bekerja sama dengan Satgas Karhutla untuk memadamkan api," sambung Dili.

BACA JUGA: Karhutla Sering Terjadi di 2 Kabupaten di Sumsel Ini

Dijelaskan Dili bahwa lokasi yang terbakar merupakan wilayah perairan yang sudah surut dan mulai mengering, sehingga sulit untuk dijangkau.

"Daerah perairan itu tidak bisa lagi diakses menggunakan perahu, akses lain ada. Namun, harus menempuh jarak yang jauh, dan ini memakan waktu cukup lama," jelas Dili.

BACA JUGA: Kapolda Sumsel Sebut 6 Daerah Ini Rawan Karhutla

Dili mengatakan bahwa beberapa personel akan melakukan patroli dan penindakan hukum bagi mereka yang sengaja membakar lahan.

"Saat ini sudah ada dua orang yang menjadi tersangka karena membakar lahan secara sengaja, sedangkan satu orang lagi masih dalam pemeriksaan," terang Dili.

Lebih lanjut Dili mengatakan bahwa kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Kabupaten OKI disebabkan oleh minimnya kesadaran masyarakat serta ditambah faktor cuaca panas, sehingga menyebabkan titik api muncul.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan dampak dari pembakaran hutan dan lahan tersebut," tutup Dili.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Sumatera Selatan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten OKI sepanjang Januari-Agustus 2023 sudah mencapai 2.625,0 hektar dengan rincian 1.639 lahan mineral dan 985,9 lahan gambut. (mcr35/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler