Karyawan SPBU Gagalkan Aksi Begal, Kombes Abdul Waras Berikan Penghargaan

Senin, 04 Maret 2024 – 19:47 WIB
Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras saat memberikan penghargaan kepada Ahmad Razqy (18) di Bandar Lampung, Senin (4/3/2024). (ANTARA/HO-Polresta Bandar Lampung)

jpnn.com - BANDAR LAMPUNG - Seorang karyawan SPBU bernama Ahmad Razqy menerima penghargaan dari Kapolresta Bandar Lampung Kombes Abdul Waras.

Razqy mendapat penghargaan itu atas keberaniannya menggagalkan aksi begal dan menangkap pelaku pembegalan.

BACA JUGA: Mak-Mak Gagalkan Aksi Begal Sepeda Motor di Bekasi, Berani Banget

"Kami mengapresiasi aksi heroik yang dilakukan oleh Ahmad Razqy atas keberaniannya dalam menggagalkan aksi pencurian dengan kekerasan hingga akhirnya salah satu pelaku ditangkap," kata Abdul Waras, di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Senin (4/3).

Adapun kasus percobaan pencurian dengan kekerasan terjadi pada Rabu (21/2) sekitar pukuk 23.00 WIB, saat korban sedang mengendarai sepeda motor dan melintas di Jalan Soekarno Hatta dekat jembatan layang Kali Balok, Bandar Lampung.

BACA JUGA: Begal Payudara di Semarang Ditangkap, Pelaku Mengincar Siswi

Menurut Abdul Waras, korban dipepet oleh dua orang tidak dikenal dengan menggunakan sepeda motor.

Kemudian, salah satu pelaku mengeluarkan senjata tajam dan mengancam Ahmad Razqy untuk menyerahkan sepeda motor yang sedang dikendarainya.

BACA JUGA: Komplotan Begal di Palembang Diringkus Polisi, Sudah 10 Kali Beraksi

Karena takut diancam, korban sempat berlari dengan memacu laju sepeda motornya.

Namun, kedua pelaku terus memepet sepeda motor korban.

Ahmad Razqy memberanikan diri melawan kedua pelaku.

Razqy menabrakkan motornya ke arah motor kedua pelaku, sehingga keduanya terjatuh.

Saat terjatuh, sempat terjadi perlawanan.

Salah satu pelaku melarikan diri.

Satu orang lainnya diamankan dengan dibantu oleh warga sekitar.

“Begitu peduli untuk menggagalkan aksi pencurian yang hendak dilakukan oleh kedua pelaku tersebut, dia (Ahmad Razqy, red) sampai berani menabrakkan sepeda motornya ke arah para pelaku, sehingga salah satu pelaku akhirnya ditangkap," kata Abdul Waras.

Selain kepada Ahmad Razqy, Kapolresta juga memberikan penghargaan ke sejumlah personel Polresta Bandar Lampung yang berprestasi berhasil mengungkap sejumlah kasus yang menjadi perhatian masyarakat.

Sejumlah personel yang menerima penghargaan, di antaranya, Kapolsek Sukarame Kompol Warsito, 12 personel Polsek Sukarame, 10 personel Sat Intelkam dan 1 personel Unit Identifikasi Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung.

Kompol Warsito diberikan penghargaan sebagai Kapolsek terbaik dalam pengungkapan sejumlah kasus di jajaran Polresta Bandar Lampung.

Adapun 12 personel Polsek Sukarame berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Lalu, sejumlah personel Sat Intelkam berhasil mengungkap kasus pemalsuan dokumen atau SIM palsu.

Bripka Jatnika, anggota unit identifikasi, diberikan penghargaan atas kecepatannya dalam mendatangi TKP penemuan mayat di wilayah Kemiling, Bandar Lampung sehingga akhirnya pelaku ditangkap.

“Saya berharap momentum ini bisa dijadikan sebagai motivasi buat teman teman personel lainnya, untuk bekerja lebih baik lagi, mengukir prestasi, dalam mengabdikan diri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," kata Abdul Waras. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler