Kasad Hadiri Natal Bersama Prajurit dan Masyarakat di Wamena

Kamis, 25 Desember 2014 – 16:29 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo menghadiri acara Natal bersama Pangdam XVII/Cenderawasih dengan prajurit serta masyarakat Papua di Wamena, Kamis (25/12). Kedatangan Kasad di Wamena disambut tarian adat penerimaan unsur Muspida Kabupaten Jaya Wijaya.

Kasad beserta rombongan menuju gedung Ukhumiarek Asso untuk mengikuti acara open house yang dihadiri oleh para prajurit, para tokoh masyarakat, dan para kepala suku masyarakat setempat. Pada acara tersebut juga digelar pasar murah untuk masyarakat dengan menyiapkan 8 ribu paket sembako.

BACA JUGA: Anggota Komisi III DPR Nilai Rutan Kapuas Terbaik

Kunjungan Kasad untuk merayakan Natal di Papua bertujuan untuk melihat dari dekat dan ikut merayakan kegembiraan prajurit dan masyarakat di pedalaman Papua.

Di hari baik ini diharapkan akan terwujud kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kehidupan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera dengan suasana persaudaraan sejati dalam kasih Tuhan Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA: Antrean Padat, Dua Loket Gerbang Tol Cikampek Malah Tutup

Kedamaian tentunya tidak hanya didapatkan oleh umat Kristiani tapi juga menjadi dambaan seluruh umat manusia.

Selain acara Natal bersama Kodam XVII/Cenderawasih akan menyelenggarakan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AD pada 26 sampai dengan 28 Desember 2014 di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua di Jayapura.

BACA JUGA: Lagi, Dua Korban Longsor Banjarnegara Ditemukan

Pameran alutsista di Papua tidak selengkap seperti yang digelar di Jakarta. Namun  diharapkan hal itu tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk hadir di acara pameran tersebut.

Pameran terbuka untuk umum dan gratis, sehingga masyarakat Papua dapat menikmati pameran tersebut. Pameran tersebut juga digelar untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang diterima sekaligus menjawab permintaan masyarakat yang ingin melihat secara langsung persenjataan TNI AD.

Kolonel Inf Frengky Riupassa selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pameran Alutsista di Papua mengatakan, seluruh personel dan materiil telah disiapkan guna mendukung kelancaran dalam pelaksanaan pameran Alutsista TNI AD tahun anggaran 2014.

"Prajurit Kodam sudah menyiapkan segala keperluan mulai dari pendirian tenda-tenda VIP, tenda-tenda stan dan penempatan personel maupun materiil," kata Frengky dalam siaran pers resmi TNI AD yang diterima, Kamis (25/12).

Alutsista TNI AD sebagian didatangkan langsung dari berbagai satuan yang ada di Jakarta dan Surabaya. Adapun Alutsista TNI AD yang akan dipamerkan terdiri dari Helly Bell, Unit Mobil Jihandak, SPM Pengawalan Taktis Polisi Militer, ambulans militer.

Kemudian, Mobil Sentral Komunikasi  Perhubungan TNI AD, Mobil Taktis Raider Yonif 751/R/BS, Alat berat Zipur 10/KYD, Alutsista TNI AL, AU, Polri dan SAR, Kendaraan Komodo, kendaraan Paksi, unit Anoa, Tank Scorpion, meriam 105/KH 178, Panser Tarantula dan jenis senjata lainnya.

Tujuan diadakannya gelar pameran Alutsista ini adalah untuk mengenalkan jenis-jenis peralatan tempur yang dimiliki TNI AD guna melaksanakan tugas untuk mempertahankan wilayah NKRI dari ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri.

"Selain itu juga untuk memperkuat kerjasama antara TNI AD dengan masyarakat sebagaimana tema yang diambil dalam pameran Alutsista TNI AD Tahun 2014 adalah “Bersama Rakyat Kodam XVII/Cenderawasih Kuat, Bersama Kodam XVII/Cenderawasih Damai dan Sejahtera”," tandasnya.

Dengan itu semua, masyarakat yakin dan akan merasa aman dengan adanya Alutsista dan personel TNI AD yang telah siap sedia untuk mempertahankan wilayah NKRI. Ini semua adalah milik rakyat Indonesia sehingga rakyat Indonesia pun harus tahu apa saja yang dimiliki oleh bangsa Indonesia guna mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Perlu diketahui pula bahwa selain pameran Alutsista TNI AD, Kodam XVII/Cenderawasih juga menyediakan hotspot area dan cetak foto gratis bagi masyarakat yang berkunjung dan fasilitas lain yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung pameran alutsista TNI AD tersebut. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Turunkan Jabatan 10 PNS, Bupati Magelang Digugat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler