Kasal Laksamana Siwi Serahkan Zakat Mal di Masjid Al-Arif Cilangkap

Jumat, 08 Mei 2020 – 20:10 WIB
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji bersama para Pejabat Utama Mabesal, serta para Kadis Mabesal menyerahkan Zakat Mal di Masjid Al-Arif, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Dalam suasana bulan suci Ramadan 1441 H/2020 M, pengurus Masjid Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menerima Zakat Mal dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Wakasal Laksamana Madya Mintoro Yulianto, para Pejabat Utama Mabesal, serta para Kadis Mabesal di Masjid Al-Arif, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/5).

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan dilanjutkan dengan penyampaian hikmah zakat oleh Kasubdisbintal Diswatpersal Kolonel Laut (KH) Harun Al Rasyid.

BACA JUGA: Kasal Apresiasi Tugas Kemanusiaan KRI Soeharso-990 Terkait Virus Corona

Zakat Mal yang telah diserahkan Kasal, Wakasal, para Pejabat Utama serta para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal itu diterima langsung oleh Kasubdisbintal beserta jajarannya dengan prosesi Ijab Qabul.

BACA JUGA: Sah! Letkol Agus Joko Resmi Jadi Komandan Kapal Rumah Sakit TNI AL

Sementara itu, Kasal dalam amanatnya antara lain mengatakan zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, termasuk dalam Rukun Islam keempat, yang memiliki arti sesuatu yang menyucikan, baik untuk membersihkan diri (Zakat Fitrah) dan membersihkan harta (Zakat Mal).

Seorang muslim yang mampu secara ekonomi, wajib membayar Zakat Maal untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan sendiri.

BACA JUGA: Sah! Letkol Laut Ferry Hutagaol Resmi Menjabat Komandan KRI Frans Kaisiepo-368

“Zakat Mal yang ditunaikan oleh umat muslim setiap tahunnya mengandung hikmah yang mendalam terhadap keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari hikmah tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembinaan personel TNI Angkatan Laut, sehingga selain kedisiplinan dan profesionalisme yang senantiasa dijunjung tinggi, para prajurit juga memiliki jiwa sosial dan empati yang tinggi, serta rela berkorban demi terwujudnya kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” ujar Kasal.

Zakat Mal tersebut selanjutnya akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya yakni  yatim piatu keluarga besar TNI AL, Warakawuri TNI AL, para Fisabilillah, Badan Amil Zakat Nasional, Yayasan Pendidikan, serta Masjid dan tempat ibadah lainnya di Lingkungan TNI AL.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler