Kasus Akil, KPK Geledah Rumah dan Kantor Wako Palembang

Selasa, 29 Oktober 2013 – 13:04 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terkait  kasus dugaan penerimaan hadiah yang berkaitan dengan penanganan perkara di Mahkamah Konstitusi yang diduga dilakukan oleh Ketua MK nonaktif, Akil Mochtar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, petugas KPK melakukan penggeledahan di kediaman pribadi dan kantor Wali Kota Palembang, Romi Herton. Penggeledahan dilakukan sejak beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Timur Berikan PR ke Sutarman

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP membenarkan ada penggeledahan yang dilakukan KPK terkait penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Konstitusi yang diduga dilakukan Akil.

"Iya, terkait perkara atas tersangka AM (Akil Mochtar)," kata Johan di KPK, Jakarta, Selasa (29/10).

BACA JUGA: Nudirman Munir: Revisi KUHP dan KUHAP tidak Memperlemah KPK

Kendati demikian, Johan belum menjelaskan secara detil perihal penggeledahan tersebut termasuk mengenai waktu dan lokasi penggeledahan.

Seperti diketahui, dalam perkara dugaan penerimaan hadiah, Akil disangka melanggar Pasal 12 B selain Pasal 12 huruf c atau Pasal 6 ayat (2) UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

BACA JUGA: Beredar Foto Bugil Diduga Sespri Kapolda Lampung

Selain itu, KPK telah menetapkan Akil sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah di Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Lebak, Banten.

Lembaga antikorupsi itu juga menetapkan Akil sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang. (gil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Cukup Rhoma dan Mahfud, PKB Incar JK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler