Kasus Pelindo II Tidak Produktif Bagi Iklim Investasi

Kamis, 06 Desember 2018 – 17:58 WIB
Gedung Pelindo II. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Kasus perpanjangan kontrak Hutchison di PT Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok yang berlarut-larut sehingga sama sekali tidak produtif bagi iklim investasi. Karena itu, pemerintah diminta bersikap tegas untuk menuntaskan kasus di anak perusahaan PT Pelindo II tersebut.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Indonesian Club, Gigih Guntoro di Jakarta, kemarin (5/12).

BACA JUGA: KPK Didesak Segera Menuntaskan Kasus Pelindo II

Gigih menilai dunia usaha membutuhkan kepastian baik dari prospek usaha maupun regulasi yang diberlakukan pemerintah.

“Kronologis dari kasus tersebut sudah diungkap lewat investigasi parlemen maupun audit investigatif BPK. Pemerintah tinggal mengikuti saja," ujarnya.

BACA JUGA: Kasus Pelindo II, Publik Skeptis pada Pemerintahan Jokowi

Ia menambahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga harus cepat dalam menuntaskan kasus Pelindo II sehingga tidak berdampak kepada absennya kepastian hukum.

Konsistensi

BACA JUGA: Pelindo II Kerahkan 2 Kapal Untuk Bantu Cari Korban Lion Air

Pernyataan senada juga diungkapkan Direktur Eksekutif Indef, Eni Sri Hartati. Menurutnya, pemerintah harus konsisten dengan regulasi yang sudah dibuat jika ingin menuntaskan kasus tersebut.

“Pelabuhan itu aset strategis yang sudah seharusnya dikelola negara," ungkapnya, pada Rabu (5/12), di Jakarta.

Eni mencontohkan Tiongkok sebagai negara yang sepenuhnya menyerahkan pengelolaan pelabuhan kepada perusahaan milik negara tersebut.

Begitu pun dengan kebijakan Presiden Amerika Serikat. Donald Trump lebih memprioritaskan badan-badan usaha milik pemerintah dalam menjalankan kebijakan ekonomi.

“Yang dilakukan negara-negara tersebut saat ini merupakan konsep yang sudah disusun pendiri Bangsa, Mohamad Hatta,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai entitas bisnis strategis, pengelolaan BUMN tersebut tidak bisa disamakan dengan korporasi biasa. Pelabuhan harus dikelola oleh satu otoritas tunggal (single autority), regulasi yang tidak multiinterpretasi dan juga ketegasan pemerintah untuk menjalankan semua aturan tersebut.

"Konsistensi serta ketegasan pemerintah menjalankan regulasi akan berdampak pada kepastian investasi,” pungkasnya.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelindo II Berduka, 2 Deputi jadi Penumpang Lion Air JT 610


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler