Katadata SAFE 2024 Segera Digelar di Jakarta, Catat Lokasi dan Tanggalnya!

Rabu, 24 Juli 2024 – 09:30 WIB
Event tahunan Katadata Sustainability for the Future Economy (SAFE) akan segera digelar di Jakarta pada 7-8 Agustus 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Event tahunan Katadata Sustainability for the Future Economy (SAFE) akan kembali digelar.

Acara yang akan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski Grand Indonesia, Jakarta pada 7-8 Agustus mendatang merupakan event sustainability terintegrasi yang terbesar digelar di Indonesia.

BACA JUGA: Mahasiswa Pascasarjana UI Belajar Langsung Sustainability Bisnis Aqua

Sebab, dalam selama acara tersebut akan menampilkan banyak kegiatan dengan melibatkan beragam pembicara dan kolaborator dari semua pemangku kepentingan.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, Katadata SAFE 2024 juga menampilkan denyut terkini penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan di Indonesia lewat Katadata ESG Index 2024 dan pembahasan aneka topik serta kolaborasi banyak pemangku kepentingan.

BACA JUGA: Pertamina-Bakrie Group Berkolaborasi, Bangun Nusantara Sustainability Hub di IKN

Katadata ESG Index merupakan transformasi dari Katadata Corporate Sustainability Index yang dirilis Katadata Green dan Katadata Insight Center (KIC) sejak 2021.

Indeks ini menjadi alat untuk memperbandingkan (benchmarking) kinerja Environmental, Social, Governance (ESG) antarperusahaan di Indonesia.

BACA JUGA: 5 Tokoh Perempuan Dianugerahi Leading Women Award 2024, Ada Chief Sustainability Officer APP Group

Dengan cakupan lebih 300 perusahaan publik atau sekitar sepertiga dari total emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, Katadata ESG Index yang terbesar di Indonesia.

Katadata ESG Index 2024 mencakup delapan sektor, yakni perkebunan, pertambangan, makanan dan minuman, keuangan, transportasi dan logistik, bahan kimia, energi, serta industri berbasis layanan atau hospitality.

Adapun tahun ini, SAFE 2024 mengangkat tema 'Indonesia Ecosphere' sebagai refleksi atas 'ruang' yang berisi forum diskusi, kolaborasi, dan showcase berbagai inovasi ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, yang dilakukan oleh banyak pemangku kepentingan.

SAFE 2024 akan membahas berbagai topik di seluruh sektor terkait target Nationally Determined Contribution (NDC) seperti transisi energi, hutan dan lahan, industri, ekonomi sirkular, serta pembiayaan berkelanjutan. Pembahasan juga akan berfokus pada implementasi ESG.

Konferensi akan terdiri atas empat sesi keynote speech, delapan one-on-one session, sembilan panel diskusi, dan enam sesi monolog. Seluruh sesi tersebut melibatkan lebih 50 pembicara ahli yang berasal dari kalangan pemerintahan, bisnis, peneliti, dan kelompok masyarakat sipil.

CEO Katadata Metta Dharmasaputra mengatakan Katadata SAFE 2024 merupakan salah satu ajang konferensi di bidang sustainability terbesar di Indonesia juga terdiri atas berbagai rangkaian yang dijalankan sepanjang tahun.

Katadata bersama Katadata Green dan Katadata Insight Center terus berkomitmen mendukung penguatan implementasi prinsip ESG di sektor bisnis melalui berbagai inisiatif.

“Sejak 2021, Katadata merilis Katadata Corporate Sustainability Index, yang tahun ini bertransformasi menjadi Katadata ESG Index. Ini merupakan alat penilaian terdepan yang memungkinkan perbandingan kinerja ESG antar perusahaan di Indonesia,” ungkap Metta dalam keterangannya yang dikutip, Rabu (24/7).

Mencakup hampir 200 perusahaan nasional terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Katadata ESG Index menjadi yang terbesar di Indonesia.

Indeks ini menyediakan benchmarking yang relevan dan mendalam, membantu perusahaan meningkatkan praktik keberlanjutan.

“Transparansi dan wawasan dari indeks ini juga menarik investor yang peduli terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, menjadikan perusahaan di Indonesia lebih kompetitif dan berkelanjutan,” terangnya.

Rangkaian yang telah dilaksanakan sejak awal tahun ini, meliputi podcast Green Talks yang dipandu oleh Ekonom Senior sekaligus Partner Systemiq, Masyita Crystallin, dilanjutkan kegiatan roadshow Katadata ESG ke berbagai perusahaan.

Selain itu, Katadata Green bersama Bursa Efek Indonesia menggelar Road to SAFE 2024 di Bursa Efek Indonesia pada Senin 22 Juli 2024.

Pasca-SAFE 2024, Katadata Green akan berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi dan Kadin untuk mendukung penyelenggaraan event Indonesia International Sustainability Forum (ISF) pada September mendatang.

Selanjutnya ada kegiatan Regional Ecosphere yang sekaligus bakal menjadi ajang Road to COP29.

Perjalanan agenda sustainability Katadata SAFE 2024 akan ditutup dengan liputan khusus Katadata Green pada perhelatan konferensi iklim terbesar dunia, COP29 di Baku, Azerbaijan, November 2024. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler