Kawal Jokowi-Ahok Buktikan Janji Kampanye

PDIP Minta Kader Tak Berpuas Diri

Kamis, 20 September 2012 – 21:03 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat memasukkan surat suara Pemilukada DKI usai menggunakan hak pilihnya di TPS 031 Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9). Foto : Ayatollah Antoni/JPNN
JAKARTA - PDI Perjuangan sebagai pengusung pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama pada Pemilukada DKI Jakarta akan terus mengawal proses rekapitulasi suara. Pasalnya, meski berdasarkan hitung cepat (quick count) pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Gerindra itu sudah diunggulkan, namun keputusan akhirnya ada di KPU DKI Jakarta.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengingatkan kadernya agar tak langsung berpuas diri. "Saya berharap proses lanjutan akan berjalan dengan mulus. Diharapkan kedua pasangan calon dan pendukungnya bisa menahan diri. Tidak jumawa karena merasa menang atau menunjukkan marah karena kalah. Sebab, quick count belumlah hasil final. Mari kita mengawal agenda pilkada ini hingga penghitungan selesai," kata Puan saat ditemui usai menggunakan hak pilihnya di TPS 031, Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga itu mengakui, Pilkada DKI memang memiliki keistimewaan karena hampir semua masyarakat Indonesia membicarakannya. Bahkan Puan menyebut Pemilukada DKI ibarat Pilpres dalam skala kecil.

Namun putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu mengaku salut karena masyarakat telah menyaksikan bahwa gegap gempita Pemilukada DKI dengan proses demokratisasinya berjalan lancar. Menurutnya, wajar jika dalam Pemilukada sebagai sebuah ajang kompetisa ada pihak yang kalah dan yang menang.

Karenanya Puan mengakui, partainya sebagai pengusung Jokowi tentu merasa senang atas kemenangan sementara ini. Namun, lanjutnya, pemenang sebenarnya adalah warga DKI.

Puan menegaskan, justru kini saatnya untuk mengawal Jokowi-Basuki segera merealisasikan janji kampanye. "Justru bagi Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama, ini menjadi amanah besar dan janji-janji masa kampanye haruslah diwujudkan," kata Puan.

Ditambahkannya pula bahwa meski pasangan Jokowi-Ahok selama proses Pemilukada dikenal dengan identitas baju kotak-kotaknya, namun diharapkan ke depan masyarakat di DKI tak terkotak-kotak lagi. "Justru mereka diharapkan membangun sebuah Jakarta yang baru yang mampu memberikan menyalurkan optimisme dan semangat baru kepada seluruh masyarakat DKI Jakarta," ucapnya.

Lebih lanjut Ketua Fraksi PDIP di DPR itu berharap kesuksesan DKI dalam menggelar Pemilukada hendaknya bisa menular ke daerah lainnya. "Memang, banyak dinamika selama putaran pertama dan kedua, alhamdulillah, semuanya dalam situasi kondusif. Ini hal yang patut kita syukuri," pungkasnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Verifikasi Parpol Pakai Data Kecamatan Terbaru

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler