Kawasaki Mantap Mundur dari Ajang MotoGP

Sabtu, 10 Januari 2009 – 08:29 WIB
Foto : AFP
TOKYO - Kawasaki benar-benar sudah mantap mundur dari arena MotoGPJumat (9/1) pabrikan Jepang itu akhirnya mengeluarkan rilis resmi, menyatakan menarik diri dari seri balap paling bergengsi di dunia tersebut.

''Ekonomi dunia, tampaknya, tidak akan pulih dalam waktu dekat karena besarnya dampak krisis finansial

BACA JUGA: Target Quadruple MU Terancam, kalah 0-1 dari Derby County

Kawasaki memutuskan menghentikan aktivitas MotoGP mulai 2009 dan seterusnya, supaya bisa mengalokasikan sumber daya manajemen secara lebih efektif,'' begitu bunyi rilis Kawasaki.

Dalam rilis itu juga disebutkan, Kawasaki masih akan berkiprah di arena balap lain yang berbasis motor production (seperti World Superbike).

Kabar mundurnya Kawasaki tersebut sebenarnya beredar sejak sebelum tahun baru
Perusahaan itu telah menyurati semua personel, dan berencana mengumumkannya secara resmi pada Senin, 5 Januari lalu.

Namun, tarik ulur kemudian terjadi

BACA JUGA: Utang Klub Spanyol Rp 43,5 Triliun

Dorna sebagai promotor MotoGP berupaya menahan Kawasaki
Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, bahkan sudah bertemu langsung dengan bos-bos Kawasaki

BACA JUGA: Serigala Tak Takut Beckham

Pria asal Spanyol itu juga bilang, Kawasaki sudah punya kesepakatan untuk berkiprah di MotoGP hingga 2011 mendatang.

Upaya penyelamatan juga sudah dilakukanJorge Martinez, bos tim 125 dan 250 cc Aspar, sudah menyatakan kesediaan menampung Kawasaki dan menurunkan dua motor hijau di MotoGP.

Semua itu ternyata masih belum cukupKawasaki tetap akan mundur''Kami membuat keputusan final untuk mundur dari MotoGP kemarin (Kamis, 8/1, Red)Keputusan itu sudah kami pertimbangkan sejak pertengahan Desember,'' kata Katsuhiro Sato, pejabat Kawasaki, seperti dilansir Reuters.

Di akhir rilis resmi, Kawasaki pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungKepada para fans, juga para personel''Kami sangat menghargai kontribusi dan dedikasi seluruh staf tim MotoGP,'' ujar Yoshio Kawamura, managing director Kawasaki Motors Racing B.V.

Dengan keputusan itu, peserta MotoGP 2008 pun melorot menjadi hanya 17 motor dan pembalapMasih belum jelas, apa yang akan terjadi pada pasangan pembalap John Hopkins dan Marco Melandri.

Pihak Aspar sendiri tinggal menunggu sikap KawasakiApakah mau menyerahkan motor mereka untuk diturunkan dengan status privateer (tim independen)Kalaupun mau, Jorge Martinez menegaskan bahwa dirinya tidak ingin turun untuk satu musimKalau mau, harus untuk tiga tahun.

Dari pihak Dorna, Ezpeleta sudah bilang bahwa 17 motor merupakan skenario terburuk musim 2009Tapi, dia menegaskan bahwa itu bukanlah suatu bencana.

''(Hanya 17 pembalap) bukanlah jumlah yang ideal maupun yang saya inginkanTapi, itu juga bukan tragediSaya yakin (kemungkinan terburuk) ini tidak akan terjadi,'' tuturnya lewat Motosprint, sebelum rilis resmi beredar dari Kawasaki.

Ucapan Ezpeleta tersebut memang masih memberi harapanMungkin, dia sudah punya rencana cadangan untuk menambah peserta, andai gagal merayu Kawasaki untuk bertahan di MotoGP(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Luciano Leandro Gagal Tangani PSMS Medan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler