Demam batu mulia dan batu akik kini tengah melanda berbagai daerah di Indonesia. Jika saja mereka bisa ke kawasan Lighting Ridge di New South Wales, Australia, pastilah akan menemukan batu mulia jenis opal yang unik, karena terbuat dari fosil dinosaurus.

Sejak bertahun-tahun lamanya, para penambang batu opal menggali kawasan di Lightning Ridge yang terletak di New South Wales (NSW) untuk menggali batu fosil dinosaurus yang banyak tersebar di kawasan ini.

BACA JUGA: Satu Orang Tewas, Beberapa Luka Dalam Ledakan di Perth

Simpanan batu fosil di lapangan Lightning Ridge diakui sebagai batu fosil paling langka, paling indah dan berharga di dunia. 

Hasil kajian Palaentologi menyebutkan 110 juta tahun lalu kawasan Lightning Ridge merupakan lantai atau dasar dari laut dangkal kuno dari benua raksasa Gondwana, yang ketika itu menjadi rumah dari berbagai jenis dinosaurus.

BACA JUGA: Stres dan Beban Kerja Tinggi, 4 Petugas Medis di Melbourne Meninggal

Di dasar perairan laut dangkal inilah, tanaman dan kehidupan air serta terkadang gigi dan tulang dari hewan-hewan yang hidup di zaman itu terlestarikan dan membentuk fosil.

Salah satu dinosaurus yang pernah ditemukan di kawasan ini antara lain Steropodon yang merupakan nenek moyang dari hewan platyfus dan echidna Australia modern.

BACA JUGA: Separuh Mall di Amerika Serikat Akan Tutup Tahun 2030

Batu dari fosil dinosaurus semacam ini sangat jarang ditemukan,  karenanya berbagai batu fosil dinosaurus yang ditemukan di Australia ini menjadi sangat penting.

Meski demikian Lightning Ridge dikenal luas karena batu black opalnya, atau karena warganya yang terdiri dari beragam latar budayanya. Sementara fakta kalau kawasan itu pernah menjadi rumah bagi beragam dinosaurus belum terlalu dikenal luas.

Inilah yang hendak diubah oleh Manager Pusat Batu Opal Australia yang juga seorang palaeontolog, Jenni Brammal.

"Fosil dinosaurus yang ada di Lightning Ridge itu berusia antara 105 hingga 110 juta tahun, satu-satunya fosil dinosaurus di NSW," katanya.

"Terlebih lagi fosil-fosil tersebut banyak terlestarikan menjadi batu opal dan itu tentu saja sangat luar biasa indah."

Brammall mengatakan kini lembaganya memiliki lebih dari 5.000 batu fosil dinosaurus dalam daftar koleksi. Karena itu, sudah mendesak dibangunnya fasilitas pusat batu opal dan batu fosil dinosaurus yang lebih besar.

Berkat bantuan industri penambang batu opal dan masyarakat lokal di Lightning Ridge, gedung baru yang akan menjadi rumah permanen bagi koleksi batu fosil dinosaurus bernilai jutaan dolar itu akan segera terwujud.

"Kami ingin ada rumah khusus untuk menyimpan koleksi batu fosil dinosaurus," katanya. "Kami juga bermaksud membangun sebuah tujuan wisata baru bagi pelancong yang dapat memamerkan batu mulia khas NSW."

Nantinya gedung ini akan memiliki fasilitas penyimpanan batu mulia sekaligus area display untuk memamerkan koleksi. Selain itu, juga menjadi toko sehingga penggemar batu mulia dapat membeli batu opal dari Lightning Ridge yang terkenal.

Jenni Brammall mengatakan ada bagian yang akan menjadi 'taman dinosaurus' bawah tanah, yang akan menampilkan beragam tanaman yang hidup di kawasan ini di zaman dinosaurus.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Massimo Luongo Kini Digelari David Beckhamnya Australia

Berita Terkait