Kaya Akan Zat Besi, Ini 8 Manfaat Kismis untuk Kesehatan

Rabu, 27 November 2019 – 23:44 WIB
Kismis. Foto: thespruceeats

jpnn.com, JAKARTA - Produk olahan dari anggur selain wine adalah Kismis. Kismis merupakan wujud dari anggur yang dikeringkan, sehingga memiliki kulit yang keriput dan juga kisut.

Sepintas, kismis sama sekali tidak menarik untuk dimakan. Namun fatkanya, kismis memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

BACA JUGA: Kismis Ternyata Bisa Merusak Gigi Anda

Apa saja manfaat kismis? Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Bantuan Pencernaan

BACA JUGA: Ini Makanan yang Kaya Akan Enzim Pencernaan

Mengonsumsi beberapa kismis setiap hari baik untuk perut Anda. Kismis mengandung serat yang mulai membengkak di ketika direndam didalam air. Ini memberikan efek pencahar ke perut dan membantu meringankan sembelit. Juga, asupan harian kismis menjaga pergerakan usus tetap teratur dan serat membantu menjaga racun dan produk limbah keluar dari sistem tubuh Anda.

2. Mengurangi Keasaman

BACA JUGA: 6 Makanan Pencegah Anemia

Kismis mengandung kalium dan magnesium dalam kadar yang baik. Ini membantu mengurangi keasaman dan membantu menghilangkan racun dari sistem tubuh, dan mencegah penyakit seperti radang sendi, asam urat, batu ginjal, dan penyakit jantung.

3. Membantu Melawan Anemia

Kismis mengandung banyak zat besi dan vitamin B-Kompleks di dalamnya yang membantu mengobati anemia. Kehadiran tembaga dalam kismis juga membantu dalam produksi sel darah merah.

4. Membantu Mencegah Kanker

Antioksidan bernama cateching yang terdapat dalam kismis membantu melindungi tubuh terhadap aktivitas radikal bebas yang bisa menyebabkan tumor dan kanker usus besar.

5. Membantu Mengobati Infeksi

Kismis mengandung fitonutrien polifenolik, yang dikenal sebagai antioksidan anti-inflamasi. Kismis menunjukkan sifat antibakteri yang membantu menurunkan risiko demam dan membunuh bakteri. Mengonsumsi beberapa kismis dalam sehari bisa membuat Anda aman dari flu dan infeksi lainnya.

6. Membantu Mengurangi Kelemahan Seksual

Konsumsi kismis juga baik untuk kehidupan seks Anda. Kismis mengandung asam amino bernama Arginine yang meningkatkan libido dan menginduksi gairah seseorang. Ini baik untuk pria dan digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Juga, energi tambahan dari kismis membantu kehidupan pernikahan Anda.

7. Baik Untuk Mata

Kismis kaya akan fitonutrien polifenolik yang merupakan antioksidan yang membantu menjaga penglihatan Anda tetap kuat. Antioksidan dalam kismis membantu melindungi mata dengan mengurangi aksi radikal bebas yang melemahkan penglihatan dan menyebabkan degenerasi otot serta katarak. Kismis juga mengandung vitamin A, beta karoten, dan A-Karotenoid dan mereka sangat baik untuk mata.

8. Untuk Perawatan Mulut Dan Gigi Anda

Kismis mengandung asam oleanolic yang merupakan salah satu fitokimia yang penting untuk menjaga gigi Anda aman dari kerusakan, gigi berlubang serta gigi rapuh. Kismis mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan menjaga gigi tetap dalam kondisi baik. Karena mengandung kalsium dalam jumlah yang baik, kismis juga mencegah gigi mengelupas atau patah. Kandungan boron dalam kismis baik untuk menjaga agar kuman tetap terkendali di mulut.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler