Kaya Kalium dan Vitamin C, Ini Khasiat Pisang Merah untuk Kesehatan

Kamis, 23 April 2020 – 19:57 WIB
Ilustrasi pisang merah. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal pisang berwarna kuning atau hijau. Selain kedua warna tersebut, ada juga jenis pisang yang memiliki warna lain, yaitu merah. 

Pisang merah mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, tidak kalah dengan pisang yang lain, ada segudang manfaat pisang merah yang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: Kulit Pisang Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Berikut ini penjelasannya, seperti dilaman Stylecraze, baru-baru ini.

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

BACA JUGA: Jangan Terlalu Banyak Makan Pisang, Ini Lho Bahayanya

Pisang merah kaya akan kalium. Peran kalium dalam menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Meningkatkan asupan kalium mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.

2. Mendukung Kesehatan Mata

BACA JUGA: Manfaat Mengonsumsi Pisang Setiap Hari, Ternyata Wouw

Pisang merah kaya akan lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini ditemukan untuk melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia. Pisang merah juga mengandung beta-karotenoid.

Ini adalah prekursor vitamin A dan sangat efektif bila diambil dari sumber makanan. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan sehat. Padahal, kekurangan vitamin A bisa memicu kebutaan malam.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Pisang merah mengandung beberapa antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang merah juga merupakan sumber vitamin C dan B6 yang sangat baik.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang merah tradisional telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan termasuk diare, kembung, dan sembelit.

5. Mempromosikan Penurunan Berat Badan

Pisang merah kaya serat dan nutrisi. Mereka relatif rendah lemak dan kalori. Serat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Sifat anti hiperglikemik (menurunkan gula darah) dan indeks glikemik rendah pisang merah juga membantu dalam pelepasan gula yang stabil ke dalam aliran darah.

6. Membantu Kemudahan Penarikan Nikotin

Meskipun bukti terbatas, mineral seperti magnesium telah disarankan untuk membantu meringankan gejala penarikan nikotin.

Mineral ini membantu menghilangkan suasana hati dan stres yang buruk, yang merupakan dua faktor risiko utama merokok.

Studi juga menunjukkan bahwa diet karotenoid terkait dengan pengurangan merokok dan kanker paru-paru pada pria. Namun, lebih banyak data diperlukan dalam hal ini.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler