Ke China, Arema Tak Bawa Kiper

Leonard Bisa jadi Alternatif Pengganti

Senin, 18 April 2011 – 13:18 WIB
MALANG - Tak ada pemain berposisi kiper yang diboyong Arema ke kandang Shandong Luneng, China, pagi kemarinDari 14 pemain yang sudah berada di Negeri Tirai Bambu itu, nama empat kiper yang dimiliki Arema, yakni Kurnia Meiga, Ahmad Kurniawan, Aji Saka, maupun Syaifudin tak masuk daftar.

Bukan karena ada unsur kesengajaan jika pelatih Miroslav Janu tidak menyertakan empat kipernya tersebut

BACA JUGA: Van Bronckhrost Jadi Kunjungi Indonesia

Kurnia Meiga tak dibawa karena paspornya hilang, Ahmad Kurniawan masih cedera, sementara Syaifudin dan Aji Saka terkendala visa yang belum beres.

Pelatih kiper Arema Dwi Sasmianto menyatakan, meski tanpa kiper bukan berarti laga lawan Shandong Luneng (20/4) pada laga lanjutan Liga Champuions Asia (LCA) tak dijalani
Ada sejumlah opsi yang sudah dipersiapkan

BACA JUGA: Nadal Perpanjang Rekor

Salah satunya dengan menunjuk pemain yang memiliki postur tinggi untuk menjadi kiper darurat
Dan yang paling berpeluang menjadi kiper darurat itu adalah Leonard Tupamahu.

"Bagaimanapun, ada atau tidak ada kiper, kita tetap harus main

BACA JUGA: George - Arifin Dominasi Pencalonan

Tentu saya akan utamakan yang posturnya tinggi (untuk mengisi posisi kiper, Red)," ujar Dwi Sasmianto, kemarin (17/4).

Menurut Dwi, sebenarnya masih ada harapan untuk menyusulkan Syaifudin dan Aji Saka ke ChinaKarena manajemen Arema tengah mengebut mengurus visa keduanyaNamun informasi yang ia terima, visa paling cepat selesai Selasa besok (19/4)Padahal Rabu (20/4), tim sudah harus berlaga lawan tuan rumah Shandong LunengSehingga peluang keduanya menyusul ke China tak bisa diharapkan banyak.

Mengacu pada keinginan Dwi akan menunjuk pemain dengan postur tinggi sebagai kiper darurat, nama Leo - sapaan Leonard - tampak paling berpeluangSelain karena ia berpostur lumayan tinggi, 179 sentimeter, Leo juga memiliki nyali tinggiPerannya di lini belakang juga sudah bisa digantikan duet Purwaka dan WaluyoNamun, Dwi masih belum mau berspekulasi dengan calon pengisi posisi kiper dari pemain non-kiperApalagi kejadian ini benar-benar di luar dugaannya.

"Itu pilihan yang sulitSelama saya menjadi pelatih kiper, belum pernah ada penjaga mistar gawang dari pemain non-kiperJangankan di pertandingan, di latihan pun tidak pernah kita lakukanSebab, kita punya empat kiper," jelasnya.

Dwi pun mengaku masih bersikap wait and see terkait kondisi ini"Saya menunggu intruksi saja," kata Dwi yang rencananya menyusul ke China Selasa besok.

Namun, sekalipun Syaifuddin dan Aji Saka pada akhirnya bisa berangkat, Dwi juga tidak menjamin kebugaran kedua kipernya ituKarena tiba di China baru Selasa malamSehingga dua kiper tersebut bakal kehilangan kesempatan untuk menjajal Stadion Shandong"Kemungkinan, mereka hanya berlatih ringan pada Rabu pagi," kata dia.

Artinya, dari sisi kebugaran saja, dua kiper itu juga meragukan bisa tampil maksimal untuk laga sekelas LCADan satu lagi, baik Syaifuddin maupun Aji Saka juga jarang tampil bersama Arema musim iniSyaifuddin misalnya, setelah Arema dihajar 1-6 oleh Persipura, mantan kiper Persebaya itu tidak pernah lagi dipasangBegitu pula dengan Aji Saka, yang baru melakoni satu kali pertandingan di level profesional, tepatnya saat menghadapi Persiwa Wamena (10/2)Padahal, laga kali ini adalah Liga Champion Asia, yang atmosfernya jauh lebih berat ketimbang ISL(muf/abm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persija Ngotot Gandoli Rahmad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler