Keanggunan Tari Inai Menyemarakkan Malam Puncak Festival Payung Api

Minggu, 11 Agustus 2024 – 14:26 WIB
Penampilan yang memukau penari Tari Inai di acara puncak Festival Payung Api 2024 yang diselenggarakan di Laman Rangkayo Rajo Laksamana, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, Sabtu (10/8). Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, TANJUNG JABUNG BARAT - Festival Payung Api 2024 yang diselenggarakan di Laman Rangkayo Rajo Laksamana, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi mencapai puncaknya dengan sebuah penampilan yang memukau Tari Inai pada Sabtu (10/8).

Sebuah tradisi yang menjadi bagian penting dalam rangkaian upacara pernikahan adat Melayu di wilayah Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA: Festival Indonesia Bertutur 2024 Dibuka, Ingatkan Keseimbangan Alam & Keberlanjutan Budaya

Tarian ini tidak hanya menutup festival dengan kemegahan, tetapi juga meneguhkan aktivasi terhadap Warisan Budaya Tak benda (WBTb) yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dan diakui sebagai warisan nasional oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pamong Ahli Budaya Utama Kemendikbudristek Siswanto mengungkapkan pentingnya Festival Payung Api sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kekayaan budaya lokal melalui berbagai kegiatan lomba dan pergelaran seni.

BACA JUGA: Kenduri Swarnabhumi 2024: Kemendikbudristek Rampungkan Tiga dari 12 Festival Daerah

“Sejalan dengan semangat para generasi muda yang tidak boleh padam untuk melestarikan, mengembangkan, dan memanfaatkan budaya serta tradisi agar terus diwariskan kepada generasi selanjutnya,” kata Siswanto dalam keterangan yang dikutip, Minggu (11/8).

Sementara itu, Direktur Festival Payung Api Ade Sulaiman menjelaskan tradisi Malam Tari Inai secara historis sudah memiliki berbagai elemen seni pertunjukan yang kaya.

BACA JUGA: GERATIK di Festival Biduk Gedang Selang Beangkut, Ingatkan Pentingnya Jaga Lingkungan

“Melalui Kenduri Swarnabhumi ini, kita melihat bagaimana ekosistem kebudayaan di sepanjang DAS Batanghari dapat berkembang. Malam Tari Inai yang memiliki properti unik seperti Payung Api, yang dulu pernah ditinggalkan, kini dihidupkan kembali,” jelas Ade.

Ade mengatakan penyelenggaraan festival ini juga disambut dengan antusias oleh masyarakat, terutama para seniman dan budayawan setempat.

“Alhamdulillah, banyak yang kini semakin mengenal dan menghargai Tari Inai, termasuk sembilan komunitas dan sanggar, serta sekitar 200 generasi muda yang terlibat secara aktif, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga tim artistik dan musisi yang semuanya anak muda,” terangnya.

Menurut Ade, Payung Api tidak hanya menjadi simbol pelindung, tetapi juga penerang yang berarti festival ini membawa semangat untuk menjaga dan mengembangkan pelestarian budaya Melayu di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Payung adalah pelindung, dan api adalah penerang. Payung Api menjadi spirit bagi kita untuk terus menjaga dan mengembangkan pelestarian budaya Melayu,” tegasnya.

Penampilan puncak yang menampilkan Tari Inai juga mendapat sorotan dari Maestro Tari Inai dari Sanggar Serase Muhammad Yusra Yusuf.

Dia menjelaskan Tari Inai telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia sejak 2017 yang menegaskan nilai dan keunikan tradisi ini dalam kebudayaan Melayu.

“Malam Tari Inai adalah tradisi yang mempertemukan keluarga yang berjauhan tempat tinggalnya dalam rangkaian upacara adat perkawinan Melayu Timur,” ungkap Mang Yua, sapaan akrab Muhammad Yusra Yusuf.

Mang Yua juga juga menjelaskan secara harfiah Malam Tari Inai adalah suatu pengharapan dan permohonan doa agar pasangan pengantin mendapat berkah dan restu dari Sang Pencipta, serta menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

“Ini adalah tradisi yang diwariskan dari orang tua terdahulu, dan tugas kita untuk terus menjalankan serta mengajarkannya kepada generasi muda, agar mereka juga terlibat dan melestarikan Malam Tari Inai ini,” tegasnya

Menurut Mang Yua, Festival Payung Api 2024 dengan Tari Inai sebagai puncak acaranya, tidak hanya menjadi ajang perayaan budaya tetapi juga momen refleksi penting bagi masyarakat Tanjung Jabung Barat untuk terus menjaga, melestarikan, dan meneruskan warisan budaya yang tak ternilai ini kepada generasi mendatang.

Festival Payung Api yang digelar di Kabupaten Jabung Tanjung Barat ini merupakan satu dari 12 festival budaya Kenduri Swarnabhumi 2024 yang diharapkan menjadi katalis bagi upaya pelestarian budaya dan lingkungan di sepanjang DAS Batanghari, membangkitkan kesadaran akan pentingnya menjaga warisan nenek moyang untuk generasi mendatang.

Kenduri Swarnabhumi sendiri akan digelar di daerah aliran sungai (DAS) Batanghari, yakni di 10 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan satu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Pagelaran festival budaya yang akan diselenggarakan masyarakat setempat menjadi momentum memperkuat semangat kemandirian dalam mengangkat kearifan lokalnya.

Setiap festival yang digelar akan berkoordinasi dengan Direktur Festival dan Kurator Lokal serta didukung Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler