Kebakaran Pasar Senen Diduga Berawal Dari Kios Pakaian Bekas

Sabtu, 26 April 2014 – 07:20 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kebakaran hebat meenghanguskan bangunan dan kios di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat kemarin (25/4). Petugas Damkar Jakarta Pusat mengerahkan seluruh kemampuannya guna memadamkan api di pasar legendaris dan paling tua kebanggaan warga DKI.

Petugas Damkar Jakarta Pusat mengerahkan seluruh kemampuannya guna memadamkan api di pasar legendaris dan paling tua kebanggan warga DKI.

BACA JUGA: Pedagang Blok III Pasar Senen Kemungkinan Dialihkan ke Jalan

Maful Ashari, operator penerangan Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, menjelaskan ada total 33 unit mobil branwier yang diturunkan.

Sebanyak 23 Unit Mobil Pemadam Kebakaran yang terdiri dari lima bantuan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. Sedangkan lima unit lainnya merupakan kendaraan unit bantuan operasional-Rescue Car.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Jembatan Hias, Warga Pilih Cuek

"Itu belum termasuk ambulans dan helicopter dari Polda yang nanti akan membantu peyiraman air dari atas" kata Maful saat ditemui di lokasi.

Petugas pemadam kebakaran sendiri mulai memadamkan api sejak 05.00 pagi setelah mendapat laporan dari Manager Area Blok III Pasar Senen, Royani.

BACA JUGA: Listrik Padam, Mantan Pegawai PLN Kesal

Royani mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari salah satu pedagang yang datang ke rumahnya saat kebakaran mulai membesar. Kebetulan rumahnya yang berdekatan dengan Pasar senen membuatnya langsung meluncur ke TKP.

"Kebakarannya sejak jam tiga, saya dan teman-teman pedagang sebenarnya sudah berusaha memadamkan dengan alat yang ada, namun api terlanjur membesar sehingga kami memanggil pemadam kebakaran" ujarnya. Ia juga memperkirakan ada 3000 kios yang terbakar akibat insiden tersebut.

Royani menjelaskan api berasal dari salah satu kios pedagang di lantai satu Blok III, di mana tempat tersebut adalah kios dengan jajaran pedagang pakaian-pakaian second, berawal dari kebakaran satu kios di dekat tangga api segera menyambar kios lain yag berisi bahan mudah terbakar seperti pakaian dan gulungan kain.

Hingga saat ini seluruh pedagang masih sibuk mengevakuasi dagangannya, meskipun dirinya telah menghimbau agar lebih mementingkan keselamatan daripada barang jualan. (all)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pastikan Jokowi Tetap Serius Tangani Pasar Senen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler