Kebakaran Rumah, Seorang Nenek 81 Tahun Tewas Terbakar, Begini Kondisinya

Rabu, 06 September 2023 – 16:59 WIB
Kebakaran satu unit rumah semi permanen di Dusun Upo di Pulau Desa Dudepo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menewaskan seorang nenek, pada Selasa (5/9/2023). Foto: ANTARA/Susanti Sako

jpnn.com, GORONTALO - Seorang nenek berusia 81 tahun tewas mengenaskan dalam kebakaran rumah semi permanen di Pulau Desa Dudepo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Kapolres Gorontalo Utara Andik Gunawan di Gorontalo, Rabu mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (5/9) sekitar pukul 21.00 WITA, diduga karena hubungan arus pendek jaringan listrik.

BACA JUGA: Begini Kondisi 69 Pendaki Gunung Sumbing Saat Terjadi Kebakaran Hutan

"Rumah hangus terbakar tanpa sisa, juga membakar seorang warga bernama Aini Noho, 81," ujar Kapolres.

Peristiwa ini terjadi di Dusun Upo Pulau Desa Dudepo Kecamatan Anggrek. Sebuah dusun yang ada di salah satu pulau berpenghuni dari total 52 pulau di kabupaten ini.

BACA JUGA: Ada Kebakaran Hutan, Pendakian Gunung Arjuno Ditutup

Dua saksi yakni Johan Toto, 62, dan Santi Adiko, 50, mengatakan melihat kobaran api yang berjarak sekitar 3 kilometer dari rumahnya pada Selasa malam tersebut.

Santi melalui telepon seluler langsung menghubungi warga yang diperkirakan berada dekat dari sumber api.

BACA JUGA: Satu Keluarga Tewas dalam Kebakaran di Jakut, AKP Alex Chandra Ungkap Fakta Ini

Dari hasil percakapan mereka, dikatakan para tetangga tidak melihat api karena memang rumah yang saling berjauhan dari tempat kejadian.

Sementara Johan Toto mengaku pada Rabu pagi hendak ke kebun untuk memindahkan sapi miliknya. Ia sontak kaget melihat ada rumah terbakar.

"Johan langsung melaporkan peristiwa itu kepada Kepala Dusun Taher Saleh," kata Kapolres menjelaskan.

Kepala dusun tersebut langsung melaporkan kepada kepala Desa Dudepo, kemudian warga sekitar mendatangi tempat kejadian dan menemukan seorang nenek yang ikut terbakar.

Hasil laporan masyarakat setempat sumber api tidak diketahui berasal dari mana, dikarenakan lokasi rumah korban bersama tetangganya kurang lebih 1 kilo meter dan harus melewati empat lokasi kebun warga yang di kelilingi bukit.

Korban diinformasikan tinggal sendirian dan diketahui tidak memiliki saudara dan keluarga yang tinggal bersama.

Kerugian yang ditimbulkan yaitu korban jiwa satu orang meninggal dan satu unit rumah hangus terbakar diperkirakan senilai Rp 50 juta.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler