Kebangkitan Ruud Bersama Hamburg

Bidik Gelar Eropa, Buka Kans Masuk Timnas

Sabtu, 10 April 2010 – 07:31 WIB
Ruud van Nistelrooy saat baru bergabung dengan Hamburg SV. Foto: Getty Images.
HAMBURG - Ruud van Nistelrooy dianggap sudah habis oleh Real MadridPenyerang asal Belanda itu pun dilepas ke Hamburg SV

BACA JUGA: Profil Tim: Uruguay

Eh, siapa sangka, dia menemukan sinarnya kembali dan kembali dilirik timnas Belanda.

Ruudtje - panggilan akrab Van Nistelrooy - sempat merasa frustrasi ketika baru tiba di markas Hamburg, Januari lalu
Pasalnya, persaingan di lini depan tim besutan Bruno Labbadia itu ternyata sulit ditembus

BACA JUGA: Samurai Tumbang di Kandang

Padahal, Ruudtje memilih pindah ke tim yang tidak dihuni terlalu banyak bintang supaya bisa dengan mudah masuk skuad utama.

Namun, dia tidak menyerah
Seiring waktu, pria 33 tahun menemukan sinarnya kembali

BACA JUGA: Profil Tim: Meksiko

Berawal dari dua gol ke gawang Stuttgart pada spieltag (pekan) ke-22 Bundesliga Februari lalu, performanya terus meningkatNamanya pun semakin sering masuk starting line up di laga-laga penting HamburgTermasuk saat menjamu Standard Liege pada leg kedua perempat final Europa League kemarin dini hari.

Meskipun tidak mencetak gol, kontrobusinya buat tim sangat besarTukang gedor yang pamornya terangkat di PSV Eindhoven dan Manchester United itu optimistis bahwa Hamburg bakal merebut trofi di pentas Eropa musim ini.

"Ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana di BundesligaKans juara sangat tipis, bahkan bisa dibilang habisTapi, di Europa League, peluang kami sangat besar," papar Ruudtje seperti dilansir Sporza"Ini adalah laga semifinal turnamen Eropa saya yang keduaSaya sangat bersemangat membawa Hamburg melaju terus merebut trofi," lanjutnya.

Ya, meski pernah membela klub-klub raksasa, Ruudtje baru dua kali tampil di empat besar turnamen antarklub EropaSebelum ini, dia membawa Manchester United menembus semifinal Liga Champions 2002Otomatis, gelar juara pun tak pernah dirasakannyaTidak heran kalau Ruudtje kini membidik gelar perdana.

"Melihat perkembangan Hamburg akhir-akhir ini, saya tentunya berharap lebih dari klub ini," terang Ruudtje dalam wawancara dengan majalah Jerman Bild.

"Saya ingin berjuang membawa klub ini ke posisi zona Liga Champions atau kalau bisa posisi keduaTapi, tidak mungkin semua keinginan saya terwujudUntuk sekarang, rasanya merebut titel Europa League adalah ambisi yang paling mungkin dicapai," lanjutnya.

Ruudtje mengakui bahwa apa yang dia capai bersama Hamburg di pentas Europa League sekarang lebih dari yang diharapkanKetika hengkang dari Santiago Bernabeu, dia hanya ingin mendapat tempat utama sehingga bisa main regulerItu penting demi menarik perhatian pelatih timnas Belanda Bert van MarwijkStriker yang pensiun dari timnas usai Euro 2008 itu memang berencana comeback.

Sejauh ini Labbadia belum berani memainkannya secara penuh tiap pekanPasalnya, Ruudtje rentan cederaNamun, konsistensi Ruudtje sukses membuat Van Marwijk menoleh lagi kepadanyaBahkan, pelatih 57 tahun itu terang-terangan menyatakan bahwa kans Ruudtje masuk timnas lagi sangat besar.

"Ruud ingin pergi ke Piala DuniaUntuk itu, dia harus seratus persen fit dan berada pada bentuk terbaik," kata Van Marwijk kepada Kicker"Tapi, itu bukan saya lho yang bilangDia mengatakan itu kepada dirinya sendiri dan saya sangat setujuSaya terus memantaunya," sambung sang pelatih.

Van Marwijk melihat kesungguhan hati dan kekukuhan Ruudtje untuk kembali ke timnas patut diapresiasi"Saya yang akan menentukan apakah Ruudtje bisa masuk skuad atau tidakTapi, dia punya kesempatan besar," tegasnya.

Bahkan, Ruudtje berpeluang masuk tim inti Oranje di Afrika SelatanItu terjadi jika penyerang Arsenal Robin van Persie gagal sembuh tepat waktuStriker 26 tahun tersebut mengalami cedera engkel parah saat membela Belanda beruji coba melawan Italia, November lalu(na/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pepe Bakal Sembuh Lebih Cepat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler